Sabtu , Juli 31 2021

Euro 2020 Grup B: Rusia Menang Tipis atas Finlandia

Rusia berhasil menang atas Finlandia dengan skor 1-0 dalam laga Grup B Euro 2020. (Foto: Reuters via CNN Indonesia)

Saint Petersburg (Riaunews.com) – Timnas Rusia mengalahkan Finlandia 1-0 dalam laga lanjutan Grup B Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rabu (16/6/2021) malam WIB.

Rusia memastikan kemenangan berkat gol yang dicetak Aleksei Miranchuk. Pemain Atalanta itu membobol gawang Finlandia pada masa injury time babak pertama.

Finlandia langsung membuat kejutan saat laga baru berjalan tiga menit. Umpan Jukka Raitala mampu disundul Joel Pohjanpalo untuk merobek gawang Rusia pada menit ketiga.

Namun, gol yang dicetak Finlandia dianulir wasit karena Pohjanpalo dianggap sudah lebih dulu berada dalam posisi offside sebelum gol terjadi.

Rusia jadi tim yang mendominasi permainan setelah serangan kejutan dari Finlandia. Skuad asuhan Stanislav Cherchesov itu berupaya keras untuk mencetak gol yang berbuah manis berkat gol Miranchuk.

Miranchuk yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti dengan tenang menempatkan bola ke tiang jauh menggunakan kaki kiri yang mengelabui Lukas Hradecky.

Di babak kedua, Finlandia yang mengejar gol penyama kedudukan mendapatkan peluang melalui penyerang andalan, Teemu Pukki. Namun, tembakan Pukki dari dalam kotak penalti masih belum mampu merobek gawang Rusia.

Rusia kemudian mendapatkan peluang untuk mencetak gol kedua di laga ini pada menit ke-66. Rifat Zhemaletdinov yang menerima umpan terobosan di kotak penalti melepaskan tembakan yang masih berada tipis di sisi kiri gawang Hradecky.

Pada menit ke-72, Hradecky melakukan penyelamatan gemilang yang membuat gawang Finlandia terhindar dari kebobolan. Kiper Bayer Leverkusen itu mengagalkan tendangan Daler Kuzyaev dari jarak dekat sembari menjatuhkan diri.

Dua menit berselang, Finlandia coba mencari gol penyama kedudukan. Joni Kauko melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti yang masih membentur pemain Rusia.

Di sisa waktu pertandingan, Rusia dan Finlandia bergantian melakukan serangan. Akan tetapi, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak kedua usai.

Hasil ini membuat peluang Rusia untuk melangkah ke babak selanjutnya masih terbuka. Rusia sama dengan Finlandia mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan di Grup B Euro 2020.

Susunan pemain
Finlandia (3-5-2): Lukas Hradecky; Joona Toivio, Paulus Arajuuri, Daniel O’Shaughnessy; Jukka Raitala, Rasmus Schüller, Robin Lod, Glen Kamara, Jere Uronen; Teemu Pukki, Joel Pohjanpalo

Rusia (4-3-3): Matvei Safonov; Mário Fernandes, Igor Diveev, Georgi Dzhikiya, Daler Kuzyaev; Roman Zobnin, Dmitri Barinov, Magomed Ozdoev; Aleksei Miranchuk, Artem Dzyuba, Aleksandr Golovin***

 

Sumber: CNN Indonesia

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: