Senin , Agustus 2 2021

Euro 2020 Grup D: Kroasia Lolos 19 Besar Usai Bungkam Skotlandia

Kroasia melaju ke 16 besar Euro 2021.

Glasgow (Riaunews.com) – Timnas Kroasia berhasil melangkah ke babak 16 Besar Euro 2020 (Euro 2021) usai mengalahkan Skotlandia 3-1 pada laga terakhir Grup D di Hampden Park, Glasgow, Irlandia, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Kroasia lolos dengan status runner up Grup D. Vatreni mendampingi Inggris yang keluar sebagai juara grup, sementara Skotlandia tersingkir dengan status juru kunci.

Kroasia berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-17. Umpan sundulan Bruno Petkovic mampu dimaksimalkan Nikola Vlasic untuk menggetarkan gawang Skotlandia.

Kroasia kembali menebar ancaman kali ini melalui Luka Modric pada menit ke-22. Akan tetapi tendangan spekulasi Modric masih bisa dihalau kiper Skotlandia, David Marshall.

Skotlandia merespons tekanan yang diberikan oleh Kroasia. Anak asuh Steve Clarke mendapatkan peluang tetapi tendangan John McGinn di dalam kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah diamankan Dominik Livakovic pada menit ke-25.

Setelah peluang itu, Kroasia masih menjadi tim yang mendominasi penguasaan bola. Luka Modric dkk. tampak nyaman memainkan bola, sedangkan Skotlandia memilih untuk menunggu Kroasia melakukan kesalahan dan melakukan serangan balik.

Strategi itu membuahkan hasil hanya tiga menit jelang babak pertama usai. Callum McGregor membobol gawang Kroasia melalui tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang membuat skor imbang 1-1 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Skotlandia masih mengandalkan strategi serangan balik. Situasi ini dimanfaatkan Kroasia untuk terus memberikan tekanan demi mengejar gol kedua di laga ini.

Upaya itu membuahkan hasil pada menit ke-62. Modric melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu diantisipasi oleh Marshall.

Skotlandia yang berupaya mencetak gol penyama kedudukan justru mendapatkan petaka hanya tujuh menit jelang laga usai. Gawang Marshall kembali dibobol oleh Kroasia berkat sumbangsih Ivan Perisic.

Kroasia mulai mengendurkan tekanan setelah unggul 3-1 dan Skotlandia kesulitan untuk bisa memperkecil kedudukan. Alhasil, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak kedua usai.

Susunan pemain
Kroasia (4-2-3-1): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josko Gvardiol; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic; Nikola Vlasic, Luka Modric, Ivan Perisic; Bruno Petkovic.

Skotlandia (3-4-1-2): David Marshall; Scott McTominay, Grant Hanley, Kieran Tierney; Stephen O’Donnell, Stuart Armstrong, Callum McGregor, Andrew Robertson; John McGinn; Lyndon Dykes, Che Adams.

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: