Minggu , Oktober 17 2021

Euro 2020 Grup F: Portugal Bobol Gawang Hungaria 3 Kali dalam 10 menit

Cristiano Ronaldo cetak 2 dari 3 gol kemenangan Portugal atas Hungaria di laga Grup F Euro 2020, Selasa (15/6/2021).

Budapest (Riaunews.com) – Timnas Portugal menang 3-0 atas Hungaria dalam laga fase grup Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Puskas Arena, Budapest, Selasa (15/6/2021) malam waktu Indonesia.

Bertemu juara bertahan, Hungaria tampil percaya diri dengan bermain cepat dan dipadukan dengan keberanian beradu fisik.

Portugal memperoleh peluang pertama melalui Diogo Jota pada menit kelima. Kiper Peter Gulacsi mampu mengamankan gawang dengan menepis bola.

Skuad Selecao das Quinas kesulitan menciptakan peluang emas. Di tengah kebuntuan Portugal, Hungaria mengagetkan dengan peluang dari tendangan bebas. Umpan Andras Schafer disundul Adam Szalai. Rui Patricio berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Tiga menit kemudian Jota mencatatkan tembakan ke gawang untuk kali kedua. Peluang Jota dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan masih bisa diadang Gulacsi.

Portugal gencar melakukan serangan pada lima menit terakhir waktu normal, namun tak bisa mengubah skor. Termasuk Cristiano ROnaldo yang gagal meneruskan umpan Jota kendati ada di depan gawang Hungaria.

Portugal meneruskan serangan di babak kedua. Sundulan Pepe pada menit ke-47 mengawali peluang skuad asuhan Fernando Santos. Gulacsi lagi-lagi tampil sebagai penyelamat Hungaria.

Saat sang juara bertahan masih belum menemukan cara menembus pertahanan lawan, sebuah serangan balik Hungaria membuat penonton di stadion berteriak histeris. Sepakan Roland Sallai yang mengarah ke gawang masih bisa diamankan Patricio.

Pertahanan kolektif Hungaria benar-benar menyulitkan Portugal. Kendati lebih sering menguasai bola, tidak cukup sering bola bisa masuk ke area kotak 16 dan menjadi peluang.

Tendangan spekulasi dari luar kotak penalti pada menit ke-68 menjadi cara Bruno Fernandes mencari peluang mencetak gol. Tetapi Gulacsi masih cukup sigap melakukan penyelamatan.

Hungaria merespons dengan dua kali masuk ke kotak penalti Portugal. Bola-bola kiriman dari Gergo Loverencsics gagal dituntaskan Sallai dan Adam Nagy.

Sebuah serangan Hungaria membuat bola masuk ke gawang pada menit ke-80. Namun tidak disahkan menjadi gol karena David Siger yang melepaskan tendangan berada dalam posisi offside ketika menerima bola dari Loverncsics.

Empat menit berselang, pertahanan Hungaria runtuh. Umpan Rafa Silva di dalam kotak penalti membuat bola jatuh ke kaki Raphael Guerreiro yang kemudian melepaskan tembakan. Bola mengenai kaki Willi Orban dan berubah arah tanpa bisa diantisipasi Gulacsi. Portugal memimpin 1-0.

Menit ke-86 Rafa Silva kembali menyulitkan pertahanan Hungaria. Akselerasinya membuat Orban melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit tak ragu menunjuk titik 12 pas. Ronaldo sang spesialis tembakan penalti tak menyia-nyiakan peluang.

Ketika injury time memasuki menit kedua, Ronaldo kembali mencetak gol. Setelah bekerja sama satu dua dengan Rafa Silva, Ronaldo mengecoh Gulacsi dan membuat bola bersarang ke gawang Hungaria. Skor akhir Portugal menang 3-0.

Susunan Pemain Hungaria vs Portugal:

Hungaria: Peter Gulacsi; Endre Botka, Willi Orban, Attila Szalai; Gergo Lovrencsics, Laszio Kleinheisler, Adam Nagy, Andras Schafer, Atilla Fiola; Adam Szalai, Roland Sallai

Portugal: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; William Carvalho, Danilo Pereira; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota; Cristiano Ronaldo***

 

Sumber: CNN Indonesia

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: