Kamis , Oktober 28 2021

Peringkat Kampus Indonesia Melorot, Rizal Ramli: Kini Kampus Jadi Kultur Birokratisasi, Bukan Akademik

Dr Rizal Ramli
Dr Rizal Ramli

Jakarta (Riaunews.com) – Posisi kampus-kampus Tanah Air terus merosot dalam pemeringkatan kampus dunia Times Higher Education (THE) dalam kategori Asian University Ranking.

Sejumlah kampus yang paling difavoritkan seperti Universitas Indonesia terjun bebas dari posisi 162 tahun lalu ke 196 saat ini.

Demikian juga dengan kampus-kampus lainnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2021 “hanya” berada pada peringkat 310. Merosot jauh dari tahun sebelumnya peringkat 264.

Selain itu ITS yang sebelumnya ada di posisi 312 menjadi 372. Kemudian IPB dari 381 turun ke 395. Ada pun UGM tahun lalu ada di peringkat 339 melorot ke posisi 385.

Tokoh nasional Rizal Ramli tak heran dengan peringkat kampus Indonesia yang melorot, karena saat ini kampus hanya sekadar kultur birokratisasi, bukan lagi akademik.

“Wong Kampus diubah jadi sekedar kultur birokratisasi, bukan akademik. Masa sih Rektor harus diangkat oleh Mentri/Presiden?” cuit Rizal Ramli di akun twitternya @ramlirizal, Ahad (6/6/2021).

Mantan Menko Perekonomian ini mencontohkan Rektor yang dulu dipilih oleh Senat Guru Besar adalah langkah yang sudah tepat, namun kini diubah.

“Dulu Rektor dipilih oleh Senat Guru Besar. Itu yg benar untuk kewibawaan akademik, bukan politik. Mari kita ubah maniak kekuasaan itu,” pungkasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: