Rabu , Juli 28 2021

Pesawat TMC dari BPPT Tiba di Riau untuk Pencegahan Karhutla pada 1 Juli

Pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pemerintah Provinsi Riau akan mendapat bantuan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Pesawat TMC tersebut diperkirakan tiba di Provinsi Riau pada 1 Juli mendatang. Pesawat itu digunakan menyemai garam di langir Riau untuk hujan buatan.

“Kita baru dapat kabar, bantuan pesawat TMC dari BPPT akan datang ke Riau tanggal 1 Juli nanti,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Rabu (23/6/2021).

Dia mengatakan pesawat TMC yang akan dikirim BPPT sebanyak satu unit. Diharapkan pada Juli 2021 sudah bisa dilakukan TMC.

“Bantuan pesawat TMC satu unit. Pesawat ini untuk membantu pencegahan Karhutla di Riau, karena lebih baik kita mencegah daripada memadamkan,” terangnya.

Selain itu, Edy Afrizal menyampaikan saat ini Karhutla mulai melanda di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Dimana kebakaran yang sebelumnya terjadi Labuhan Tangga, Kecamatan Bangko sudah berhasil dipadamkan tim satuan tugas (Satgas) Karhutla darat dan udara.

“Alhamdulillah kebakaran di Labuhan Tangga, Bangko, Rohil sudah clear, sekarang sedang pendinginan,” tutupnya. ***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: