Selasa , Juli 27 2021

Pilih Alphard atau Vellfire? Intip Dulu Perbedaan ‘Saudara Kembar’ MPV Premium Ini

Dua MPV Premium dari Toyota, Alphard dan Vellfira.

Jakarta (Riaunews.com) – PT Toyota Astra Motor resmi merilis versi penyegaran Toyota Alphard dan Vellfire yang merupakan MPV mewah lini kelas atas yang cukup populer di Indonesia.

Facelift pada Alphard dan Vellfire 2021 ini membuat tongkrongan kedua mobil besutan Toyota tersebut menjadi makin nyaman, mewah, sporty dan tentunya dengan fitur keamanan yang ditingkatkan.

Meski sama-sama dari lini kelas premium Toyota dan hampir mirip, keduanya ternyata memiliki perbedaan baik dari segi desain, performa, maupun harganya.

Sebelum lebih lanjut membahas perbedaan keduanya, perlu diketahui bahwa Alphard dan Vellfire merupakan MPV di segmen kelas atas yang paling populer dengan pangsa pasar wholesales hingga 70,3 persen dalam rentang Januari hingga April 2021.

President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan Toyota melakukan upaya perbaikan terus-menerus untuk menghadirkan produk yang lebih baik.

“Toyota terus melakukan continuous improvement untuk menghadirkan produk yang lebih baik serta sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang beragam dan terus berkembang,” tutur Matsuda

Dikutip Tempo.co dari auto2000, berikut perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire:

1. Desain

Perbedaan dari segi desain kedua seri ini merupakan yang paling kentara, Toyota Alphard dikhususkan bagi pelanggan yang ingin tampil formal. Sedangkan Toyota Vellfire dibuat untuk mereka yang senang tampil sporty.

Sebagai MPV Luxury dengan nuansa sporty, New Vellfire terbaru hadir dengan desain eksterior yang lebih sporty pada bagian Impressive Front Lower Bumper, Dynamic Side Skirt, sampai Sleek Rear Bumper. Pada bagian interior, Vellfire baru mempunyai aksen warna merah pada bagian Speedometer Ring, hal ini tentu semakin menambah kesan sporty MPV Luxury ini.

Perbedaan keduanya dilirik dari sisi desain juga dapat diperhatikan dari bentuk logo. Logo yang disematkan pada kedua mobil ini ternyata berbeda, Aplhard menggunakan logo tersendiri, sementara Vellfire disematkan lambang Toyota biasa.

2. Performa

Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire juga dapat dilihat dari spesifikasi mesin yang digunakan, Vellfire ditenagai oleh mesin 2.5 GA/T yang memiliki kapasitas 2.494 cc. Output mesin Vellfire juga lebih kecil dibandingkan dengan mesin Alphard, yaitu sebesar 177 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 234 Nm di putaran 4.100 rpm.

Jika Vellfire hanya dibekali dengan satu tipe mesin G, Alphard dibekali dengan empat macam jenis yaitu X, G, Q serta hibrid. Khusus untuk tipe Q, mesin ini berkubikasi 3.456 cc dengan konfigurasi silinder V6 atau 2GR-FKS. Spesifikasi tersebut mampu menghasilkan tenaga 295 dk di 6.200 rpm dan torsi maksimum 360 Nm di 4.700 rpm.

3. Harga

Dari segi harga, Toyota Alphard dan Vellfire juga berbeda, Toyota Alphard lebih bervariasi yaitu di kisaran Rp 1,06 miliar sampai Rp 1,98 milyar. Sedangkan Toyota Vellfire dibanderol dengan harga di kisaran Rp 1,22 milyar.

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: