Minggu , Desember 5 2021

Riau Mulai Masuk Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Waspada Karhutla

Petugas gabungan berjibaku memadamkan kobaran api yang menghanguskan hutan dan lahan di Riau.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Masyarakat di Provinsi Riau diminta untuk mulai waspada terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seiring dengan mulainya musim kemarau di daerah tersebut.

Berdasarkan data pantauan satelit yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pekanbaru Senin (14/6/2021) sore, titik panas di Riau mengalami peningkatan dari sebelumnya mencapai 23 titik.

23 titik ini tersebar di Bengkalis 5 titik, Dumai 7 titik, Siak 3 titik, Meranti dan Pelalawan masing-masing 2 titik, Kampar 3 titik dan Rokan Hilir 1 titik.

Sedangkan di Provinsi lainnya di Sumatera juga sudah terpantau titik panas, seperti di Lampung 10 titik, Sumsel 6 titik, Sumbar 3 titik, Bengkulu, Sumut dan Babel masing-masing 1 titik.

Tidak hanya itu, suhu udara di Riau juga sudah mulai meningkat, sejak beberapa hari terakhir suhu di Riau sudah mencapai pada 34 derajat Celcius.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Pekanbaru Ramlan mengatakan, saat ini sebagian wilayah Riau sudah memasuki musim kemarau kering. Sehingga curah hujan juga sudah jauh turun dari biasanya.

“Iya saat ini, sebagian besar wilayah Riau sudah masuk musim kemarau, artinya curah hujan tidak lagi seperti biasanya, sudah jauh berkurang,”ujar Ramlan.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: