Selasa , Agustus 3 2021

Stok Vaksin Menipis, Diskes Pekanbaru Hanya Layani Vaksinasi Tahap Kedua

Layanan vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru di bus keliling yang disediakan Pemko.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru memastikan tetap mendistribusikan dan melayani vaksinasi. Tapi, stok yang ada hanya untuk penyuntikan vaksin tahap kedua.

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, stok vaksin untuk penyuntikan tahap dua tinggal 1.000 vial. Ia menyebut, tidak ada persoalan lain yang membuat dihentikannya sementara penyuntikan vaksin untuk tahap pertama.

Penyetopan itu murni lantaran stok vaksin terbatas.

“Yang jelas karena keterbatasan vaksin tadi. 1.000 vial itu hanya untuk vaksinasi kedua. Itu sudah didistribusikan, tetap berjalan ke rumah sakit, puskesmas. 1.000 vial itu untuk 10.000 orang, untuk 10.000 dosis,” kata Zaini.

Tambah Zaini, Diskes sudah mengajukan permintaan vaksin ke Pemerintah Pusat. Namun, informasi yang diterima, belum ada kepastian kapan stok vaksin itu dikirim ke Kota Pekanbaru.

“Sekarang permintaan vaksin kita usulkan langsung ke pusat. Pusat nanti yang langsung mendrop ke kabupaten kota. Jadi dari pusat, informasinya itu belum pasti kapan. Vaksinasi tahap dua tetap berjalan sampai vaksin itu habis,” jelasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: