Rabu , Juli 28 2021

Fadli Zon Kenang Genosida Serbia Terhadap Ribuan Muslim Bosnia

Anggota DPR RI Fadli Zon berdiri di depan monumen peringatan pembantaian ribuan muslim Bosnia oleh Serbia. (Foto: Twitter @fadlizon)

Jakarta (Riaunews.com) – Tanggal 11 Juli ditetapkan sebagai hari peringatan pembantaian etnis Muslim Bosnia yang dilakukan Serbia pada 1995 silam.

Anggota DPR RI Fadli Zon melalui akun media sosialnya turut mengenang sejarah hitam bekas negara Yugoslavia tersebut.

“Turut mengenang genosida yg dilakukan Serbia Yugoslavia terhadap etnis Bosnia Muslim di Sbrenica, Bosnia, 26 tahun lalu,” tulis Fadli Zon di Twitter @fadlizon yang dipantau Riaunews.com, Ahad (11/7/2021).

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan setidaknya ada 8.372 korban genosida kekejaman Serbia Yugoslavia atas etnis Bosnia Muslim pada Juli 1995, yang dipimpin penjahat perang Jenderal Radko Mladic.

“Semoga para korban genosida ini menjadi syuhada. al Fatihah,” lanjut Fadli.

Dalam untaian cuitannya, Fadli Zon turut mengunggah foto saat dirinya ikut memimpin aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di depan Kedubes Yugoslavia.

Pasukan PBB yang berasal dari tentara Belanda, lanjut politisi berdarah Minang ini, telah gagal melindungi warga Bosnia sehingga 8.372 warga Bosnia dibantai dalam beberapa hari.

Seperti diketahui, akibat perang saudara di negara balkan tersebut, Yugoslavia terpecah menjadi beberapa negara, yakni Slovenia, Kroasia, Makedonia, Bosnia-Herzegovina, Bosnia, Herzegovina, Montenegro, Serbia, dan Kosovo.

Dikutip dari Wikipedia, Yugoslavia merupakan sebuah negara yang pernah ada di daerah Balkan, di sebelah tenggara Eropa, dari tahun 1918 sampai 2003. Dalam perjalanannya, negara ini pernah berbentuk kerajaan dan republik. Negara ini beribu kota di Beograd.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: