Selasa , Oktober 19 2021

Ada Renggangan, Jembatan Leighton Segera Diperbaiki

Jembatan Siak I alias Jembatan Leighton, merupakan jembatan pertama yang membentang di atas Sungai Siak di Kota Pekanbaru.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Jembatan pertama kali dibangun di Kota Pekanbaru yang menghubungkan kawasan Senapelan dengan Rumbai, yakni Jembatan Siak I atau yang lebih dikenal masyarakat dengan Jembatan Leighton, akan segera diperbaiki.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) I (Siak, Pekanbaru dan Pelalawan) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRKPP) Provinsi Riau, Ardi Irfandi, ST.MM mengungkapkan, perbaikan dilakukan karena terjadi kerusakan di jembatan yang dibangun atas bantuan PT Caltex Pacific Indonesia (kini PT Chevron Pacific Indonesia) pada 1973 silam.

Ardi menerangkan, bahkan untuk perbaikan jembatan tersebut sudah dianggarkan dan akan dikerjakan tahun ini juga. Namun untuk pengerjaanya, pihaknya masih menunggu pengadaan bahan berupa bantalan karet yang harus dipesan secara khusus.

“Itu sudah ada pemenang tendernya, untuk pengadaan bantalan karet itu tercover di tiga jembatan. Jadi bukan hanya untuk jembatan Leighton saja. Tapi ada juga untuk jembatan Maredan dan Jembatan Ukui,” kata Ardi, Jumat (13/8/2021).

Ardi mengungkapkan, kondisi yang sama juga terjadi di jembatan Maredan (Jembatan Sultan Syarif Hasim) dan Ukui. Ketiga jembatan ini mengalami kerusakan yang sama yakni terjadi perenggangan antar segmen sehingga menimbulkan adanya celah ditengah jembatan.

“Yang di Maredan itu bahkan lebih besar lagi rengganganya, sekitar 20 cm,” kata Ardi.

Meski ada celah akibat adanya renggangan antar segmen yang terjadi di jembatan Leighton, pihaknya memastikan kondisi tersebut secara struktur tidak membahayakan.

Sehingga warga yang melintas tidak perlu takut. Namun tetap diminta untuk berhati-hati karena ada celah yang berlubang.

“Kalau secara struktur kami pastikan itu tidak ada masalah, dan tidak membahayakan, karena itukan renggangan antar segmen saja, tapi dari segi kenyamanan pengendara yang melintasi jembatan itu memang agak sedikit kurang nyaman, jadi harus berhati-hati, terutama kendaraan roda dua, apalagi sepeda,” ujarnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: