Jumat, 29 Maret 2024

Bos BCA Prediksi Hanya Ada 3 Bank Digital Besar di RI, Ini Analisanya

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja.

Jakarta (Riaunews.com) – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), Jahja Setiaatmadja ungkap nasib bank digital yang ada di Indonesia. Menurutnya akan hanya tiga bank yang memiliki kemampuan untuk berlanjut.

Dia mengungkapkan hal ini berdasarkan sejarah bank yang sempat berjumlah 200-an bank pada tahun 1990. Lalu saat ini hanya 7-8 bank besar yang menguasai 60-70% market share.

“Awal tahun 1990, kita punya 200 bank lebih, apa yang terjadi 1998, secara alam terfilterisasi, sehingga sekarang mungkin bank-bank besar 7-8 bank sudah menguasai sekitar 60-70% dari market share. Jadi, bank digital juga demikian saya pikir, hanya tiga yang punya kemampuan untuk berlanjut,” jelasnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia di program Money Talks, dikutip Kamis (12/8/2021).

Hal yang sama juga terjadi di beberapa negara dunia. Jahja menuturkan kemungkinan di setiap negara hanya akan ada tiga bank yang bertahan.

Misalnya saja Korea Selatan yang saat ini hanya memiliki satu bank digital dan memiliki keuntungan yakni KakaoBank. Selain itu di Thailand juga hanya ada satu bank saja.

“Di Jepang ada Rakuten, income perkapita tinggi sekali tapi hanya ada 1-2 bank yang berhasil. Thailand, ada satu. Artinya, di setiap negara, at the end of the day (pada akhirnya), itu enggak akan lebih dari tiga, menurut saya,” ungkapnya.

Tren digital ini merupakan keniscayaan, apalagi dengan adanya perubahan gaya hidup pada generasi muda. Mereka menginginkan adanya layanan perbankan yang mudah dan instan.

Ini pula yang membuat lahir beberapa bank digital di tanah air. Sebagai informasi BCA juga telah memiliki bank digitalnya sendiri yang berfokus pada segmen anak muda.

Dalam beberapa waktu ke depan, bank digital BCA itu juga disiapkan untuk bisa melantai di bursa ungkap Jahja. Dengan begitu harus teruji fundamentalnya agar menarik untuk investor.

“Namanya investasi dalam saham, ini bicara jangka panjang, enggak bicara sebulan-dua bulan, setahun dua tahun, tapi akan forever (selamanya). Nah, ujung-ujungnya kalau sudah forever, ya performance (kinerja),” ujar Jahja.***

 

Sumber: CNBC Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *