Rabu , September 22 2021

Buntut Pemukulan Diplomat, Nigeria Tarik Pulang Dubes dari Indonesia

Seorang diplomat Nigeria alami kekerasan yang dilakukan oknum petugas imigrasi Jakarta.

Jakarta (Riaunews.com) – Pemerintah Nigeria memanggil pulang sementara Duta Besar mereka di Indonesia, Ari Usman Ogah, usai insiden kekerasan yang melibatkan diplomat negara itu dan petugas imigrasi di Jakarta pada pekan lalu.

Menteri Luar Negeri, Nigeria Geoffrey Onyeama, mengatakan pemerintah memulangkan sementara sang duta besar untuk melakukan konsultasi tingkat tinggi mengenai masalah yang menyebabkan perselisihan di Jakarta.

“Banyak dari Anda mungkin telah melihat video viral di media sosial, yang mana lehernya diikat di dalam mobil yang bergerak. Jadi, apa yang kami putuskan untuk dilakukan adalah konsultasi segera dengan duta besar kami di Indonesia,” ujar Onyeama dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (12/8/2021).

Kementerian Luar Negeri Nigeria mengatakan insiden itu melanggar hukum internasional dan Konvensi Wina terkait hubungan Konsuler dan Diplomatik Antar Negara.

Onyeama mengatakan pemerintah Nigeria juga meminta pemerintah Indonesia memberi sanksi yang berat dan pantas untuk petugas imigrasi yang terlibat dalam tindakan tersebut.

Pada Senin (9/8) lalu, Kemenlu Nigeria menyatakan mengecam insiden itu seraya mengatakan kejadian itu tidak dapat diterima dan disayangkan.

“Pemerintah Nigeria telah mengecam keras kepada pemerintah Indonesia, dan Duta Besar Indonesia untuk Nigeria dipanggil oleh Menteri Luar Negeri,” demikian isi pernyataan itu.

Usman membenarkan pejabat imigrasi Indonesia sudah mengunjungi kantornya untuk meminta maaf.

Onyeama menambahkan bahwa duta besar Indonesia untuk Nigeria juga terus terang meminta maaf atas nama pemerintah RI setelah menjelaskan apa yang terjadi.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengenai pemanggilan duta besar Nigeria dari Indonesia terkait peristiwa itu. Namun yang bersangkutan belum bisa memberi tanggapan lebih lanjut.

“Saya pastikan dulu,” kata Faizasyah.***

Sumber: CNN Indonesia

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: