Rabu , September 22 2021

Di Kelurahan Air Jamban, Mahasiswa Kukerta Unri Buat Dispenser Handsanitizer untuk Masyarakat

Mahasiswa Kukerta Unri menyerahkan dispenser handsanitizer dengan sistem injak di Kantor Lurah Air Jamban. (Foto: istimewa)

Bengkalis (Riaunews.com) – Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melaksanakan kuliah kerja nyata (Kukerta) di Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, berusaha membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membuat dispenser handsanitizer dengan sistem injak di dua tempat, yaitu di SD Negeri 12 Mandau dan Kantor Lurah Air Jamban.

Ketua Kukerta Kelurahan Air Jamban, Habib Alwi, mengatakan kegiatan pembuatan dispenser handsanitizer telah dimulai sejak 10 Juli 2021, sementara penyerahan dilakukan pada pertengahan Agustus.

“Penggunaan dispenser hand sanitizer di tempat umum memungkinkan terjadinya kontak fisik antar pengguna lainnya sehingga diperlukan cara tepat untuk mengurangi kontak fisik tersebut,” katanya kepada Riaunews melalui pesan WhatsApp, Sabtu (21/8/2021).

Adapun cara meminimalisir kontak adalah dengan menggunakan dispenser handsanitizer sistem injak.

“Prinsip dari penggunaan ini adalah pengguna tidak perlu memegang tuas handsinitizer saat menggunakannya, namun cukup dengan menginjakkan kaki pada pada bagian bawah tuas,” lanjut Habib Alwi.

Dirinya dan rekan-rekan tim Kukerta berharap program ini dapat mengurangi penyebaran covid-19 di Kelurahan Air Jamban.

“Mengingat kondisi saat ini, masyarakat harus tetap waspada dan harus menjalankan protokol kesehatan, salah satunya ialah dengan memakai handsinitizer secara berkala,” pungkasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: