Rabu , September 22 2021

Dukung Pertanian Masyarakat, Tim Kukerta Unri bagikan Pupuk Organik, dan Benih Sayuran di Desa Bukit Raya

Mahasiswa Kukerta Unri membagikan ZPT, POC, dan benih sayuran hortikultura kepada masyarakat Desa Bukit Raya, Kuansing. (Foto: istimewa)

Kuansing (Riaunews.com) – Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau (Unri) 2021 di Desa Bukit Raya, Kecamatan Singing Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, mengadakan kegiatan pembagian ZPT, POC, dan benih sayuran hortikultura kepada masyarakat Desa Bukit Raya pada Jumat (20/8/2021)

Menurut salah seorang mahasiswa yang termasuk dalam tim Kukerta tersebut, Mohammad Anwar Sanusi, kegiatan ini merupakan program pendukung dari pertanian terpadu berbasis rumah tangga.

“Banyak masyarakat Desa Bukit Raya yang belum melakukan kegiatan budidaya tanaman hortikultura, oleh karena itu kami melakukan pembagian ZPT, Pupuk Organik, dan Benih Sayuran Hortikultura kepada masyarakat,” katanya kepada Riaunews.com, Jumat (20/8), melalui pesan WhatsApp.

Disebutkan, ZPT dan pupuk organik yang dibagikan merupakan hasil dari produksi tim Kukerta Unri 2021.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan ZPT dan Pupuk organik berasal dari bahan-bahan alami atau organik yang mudah didapatkan.

“Sehingga apabila ZPT dan pupuk organik diaplikasikan ke tanaman dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik dan dapat menjaga kelestarian alam,” tambahnya.

Pada kesempatan ini para mahasiswa melakukan kegiatan ini secara door to door agar tidak menimbulkan efek keramaian dan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Disebutkan, masyarakat Desa Bukit Raya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta yang didampingi oleh ibu Dr Mayta Novaliza Isda, MSi, selaku dosen pembimbing.

Neneng, salah satu masyarakat Desa Bukit Raya mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dan masyarakat turut berperan terhadap menjaga ketahanan pangan di Desa Bukit Raya, Kecamatan Singing Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi.

“Diharapkan masyarakat Desa Bukit Raya akan selalu dapat mengaplikasikan ZPT dan Pupuk Organik di budidaya tanaman hortikultura dan dapat memberikan hasil yang baik, dari segi ekonomi, dan kesehatan lingkungan,” ujar Neneng.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: