Selasa , Oktober 19 2021

Fadli Zon Sebut Pemerintah Tidak Bisa Dipercaya Karena Perbolehkan TKA China Masuk saat PPKM

Anggota DPR RI Fadli Zon.

Jakarta (Riaunews.com) – Politisi Partai Gerindra Fadli Zon menyebut pemerintah tak bisa lagi dipercaya setelah apa yang dilakukan baru-baru ini.

Ia manangapi unggahan media nasional yang menyebut pihak imigrasi membenarkan adanya TKA asal China masuk ke Indonesia.

Fadli Zon menyayangkan pemerintah yang mengizinkan TKA China masuk ke Indonesia di tengah pemberlakukan PPKM. Padahal saat ini, kasus positif dan kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia yang masih terbilang tinggi.

Anggota DPR RI ini kemudian mengecam pemerintah sebagai pihak yang tak bisa dipercaya.

“Setelah cat pesawat merah, kini karpet merah lagi utk TKA China. Pemerintah tdk bisa dipercaya!”, cuitnya di akun Twitter @fadlizon Ahad (8/8/2021), menanggapi pemberitaan media online.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 34 TKA China mendarat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta menggunakan pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 8815.

Pesawat tersebut membawa 37 penumpang yang mana tiga penumpang diantaranya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Tidak hanya itu, pesawat Pesawat Citilink QG 8815 juga turut membawa 19 orang awak alat angkut.

Disebutkan bahwa Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara menyampaikan para TKA China tersebut t telah memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

Selain memiliki ITAS, 34 TKA China itu telah mendapatkan rekomendasi untuk diizinkan masuk Indonesia dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta.

Namun, media tersebut menyebutkan sesuai Peraturan Menkumham No. 27 Tahun 2021, bahwa seluruh warga asing dilarang masuk Indonesia selama pandemi Covid-19, khususnya selama PPKM.

Sayangnya, regulasi itu ada pengecualian bagi lima kelompok warga asing.

Diantaranya memiliki visa dinas dan diplomatik, pemegang izin tinggal dinas dan izin tinggal diplomatik, memiliki tujuan kesehatan dan kemanusian dengan rekomendasi kementerian atau lembaga terkait serta awak alat angkut.

Mengenai kesehatan para TKA China, pihak Imigrasi telah menjalankan tes PCR negatif Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan ketika datang ke Indonesia.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: