Sabtu , September 18 2021

Heboh Bupati Kampar Punya 6 Mobil Dinas, Berikut Penjelasan Sekda

Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.

Bangkinang (Riaunews.com) – Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat ini ramai dibicarakan karena disebut menguasai hingga 6 mobil dinas. Hal tersebut terungkap setelah Panitia Khusus (Pansus) Aset DPRD Kabupaten Kampar melakukan cek fisik terhadap sejumlah mobil dinas Pemerintah Kabupaten Kampar, Senin (30/8/2021).

Hal tersebut kemudian di klarifikasi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Yuricho Efril melalui konferensi pers di kantin kantor Bupati Kampar, Selasa (31/8/2021).

Yusri menyampaikan bahwa atas nama Bupati Kampar ia ingin meluruskan beberapa hal yang disampaikan Pansus Aset maupun pembicaraan yang berkembang di tengah masyarakat.

Ia menjelaskan, bahwa untuk bupati ada dua jenis kendaraan, yaitu mobil dinas jabatan dan mobil dinas operasional.

“Memang saat ini Bupati Kampar memiliki enam mobil dinas, namun sebagian mobil tersebut berstatus mobil dinas wakil bupati karena sampai saat ini posisi wakil bupati kosong maka mobil dinas wakil bupati yang didapatkan Catur Sugeng Susanto semasa menjadi Wakil Bupati Kampar masih berada di pool Bupati Kampar,” kata Yusri

Selain itu Bupati Kampar juga mendapatkan jatah mobil dinas untuk tamu yang juga berada di pool bupati.

Dijelaskan, mobil-mobil itu diparkir di pool bupati karena dari sisi keamanan lebih terjamin.

“Bupati juga tidak selalu menggunakan mobil-mobil dinas itu karena cenderung menggunakan jenis Fortuner dan terkadang mengalah menggunakan Innova jika ada tamu,” tambahnya.

Persoalan penggunaan dan dugaan adanya tindakan penguasaan sejumlah kendaraan mobil dinas oleh pejabat di Kabupaten Kampar menjadi topik perbincangan hangat di masyarakat, termasuk di dunia maya.

Hal itu mencapai puncaknya sesaat setelah Panitia Khusus (Pansus) Aset DPRD Kabupaten Kampar melakukan cek fisik terhadap sejumlah mobil dinas Pemerintah Kabupaten Kampar, Senin (30/8/2021).

Dari 56 unit mobil dinas yang akan dicek, hanya 33 unit mobil dinas yang mampu dihadirkan pihak eksekutif atau Pemkab Kampar. Sisanya, 23 unit mobil tak kunjung bisa dihadirkan di depan aula kantor Bupati Kampar.

Selain menyoroti jumlah yang dihadirkan, Ketua Pansus Aset DPRD Kampar Muhammad Anshor juga mengkritisi dugaan penguasaan enam mobil dinas oleh Bupati Kampar, karena hal itu menurutnya bertentangan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 7 tahun 2006 dimana dalam PMK ini kepala daerah dibatasi hanya boleh menguasai dua unit mobil dinas saja.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: