Jumat, 19 April 2024

Ironi, Jokowi Minta Dikritik Tapi Rezim Takut Dengan Mural Jalanan

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Petugas menghapus mural Jokowi dengan tulisan ‘404 Not Found’ di Tangerang.

Jakarta (Riaunews.com)- Aparat kembali membungkam para pengkritik pemerintah, mulai dari menghapus paksa mural “Jokowi 404: Not Found” hingga mengadang demonstrasi mahasiswa. Semuanya terjadi saat Presiden Joko Widodo menyatakan terbuka terhadap kritik.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang dipimpin Abdul Muis menerbitkan 144/A/Sek/12/1443 bertanggal 2 Agustus 2021. Mereka menyerukan aksi kepung Istana Kepresidenan pada 6-13 Agustus.

Aksi tak jadi digelar karena adangan aparat. Polisi bahkan menjaga ketat Sekretariat PB HMI yang terletak di Jalan Sultan Agung, Jakarta Pusat.

HMI yang dipimpin Abdul Muis sempat berunjuk rasa di depan sekretariat mereka. Namun, aksi itu pun batal karena dibubarkan aparat kepolisian.

“Mereka mau demo, kita cegat karena enggak ada izin,” kata Kabag Ops Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ruslan Idris saat dihubungi, Jumat (6/8/2021).

Diketahui polisi tidak menerbitkan izin keramaian di tengah pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Saat HMI berencana menggelar aksi, DKI Jakarta tengah menerapkan PPKM Level 4.

Sementara di Kota Tangerang, mural wajah Jokowi dengan tulisan “404 Not Found” dihapus aparat karena dianggap menghina simbol negara.

Kepolisian turun tangan mengusut kasus mural itu. Bahkan, Polsek Batuceper telah memeriksa sejumlah saksi terkait mural Jokowi dengan tulisan “404: Not Found”.

Selain itu, polisi juga sempat menangkap dan memeriksa tukang sablon di Tuban terkait mural itu. Pedagang berinisial RS itu diperiksa karena menawarkan jasa cetak kaus “Jokowi 404: Not Found”.

Belakangan polisi menyebut penangkapan tukang sablon juga diilatari unggahannya di media sosial yang dianggap menghina Polri dan institusi pengadilan.

Pedagang itu pun akhirnya meminta maaf. Dalam sebuah video, RS meminta maaf kepada masyarakat dan Polri atas tindakannya tersebut. Setelah minta maaf dia dibebaskan.

Pengapusan mural juga terjadi di Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Gambar bertuliskan ‘Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit’ bernasib sama dengan mural bergambar wajah Presiden Joko Widodo 404: Not Found di Tangerang, dihapus aparat karena dianggap melanggar ketertiban umum.

Pada akhir pekan lalu, Kecamatan Bangil telah menghapus mural tersebut berdasarkan perintah Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Teranyar, di Jakarta mural bertuliskan ‘Wabah Sesungguhnya adalah Kelaparan’ juga dihapus oleh petugas kecamatan Ciledug. Penghapusan diklaim atas permintaan warga.

Rentetan kejadian itu terjadi bersamaan dengan deklarasi Jokowi terbuka terhadap kritik. Dalam berbagai mimbar, Jokowi menyatakan pemerintah tak masalah dikritik.

Jokowi menerima dengan legawa saat BEM UI menyebutnya The King of Lip Service. Menurutnya, kritik seperti itu sah-sah saja.

Terbaru, Jokowi menyampaikan hal itu dalam pidato di Sidang Tahunan MPR RI. Mantan Wali Kota Solo itu menyebut kritik penting bagi kinerja pemerintah.

“Saya juga menyadari, begitu banyak kritikan kepada pemerintah, terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan. Kritik yang membangun itu sangat penting,” kata Jokowi dalam pidatonya dalam rangka HUT RI ke-76, Senin (16/8).***

 

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *