Rabu , September 22 2021

Pistol Colt Pembunuh Billy the Kid Terjual Rp86 M Dalam Lelang

Pistol revolver Colt yang dipakai membunuh Billy the Kid. (Foto: Reuters via CNN)

London (Riaunews.com) – Rumah lelang Bonhams berhasil melelang pistol yang digunakan untuk membunuh penjahat terkenal Billy the Kid di masa abad ke-19 atau American Wild West dengan harga fantastis, yakni mencapai $6,03 juta (sekitar Rp86 miliar).

Itu adalah sebuah harga yang menjadi rekor dunia untuk sebuah senjata api.

Mulanya pistol yang dipakai sheriff Pat Garret hanya diperkirakan akan terlelang pada harga USD2-3 juta. Hingga akhirnya penawaran yang meriah baik lewat telepon, maupun secara online pada Jumat (27/8/2021) telah berujung pada ditutupnya harga pada penawar tertinggi.

“Ini adalah salah satu peninggalan dari cerita paling penting dan terkenal di Wild West,” demikian pernyataan rumah lelang Bonhams seperti dikutip dari AFP.

Pistol itu disebutnya masih sangat bagus, kecuali pada bagian pegangan tangan terdapat aus.

Sebagai informasi sheriff Garrert yang kala itu berusia 44 menembak tewas Billy the Kid pada bagian dada, 14 Juli 1881 di New Mexico. Billy the Kid yang memiliki nama asli Henry McCarty itu tewas dalam adu tembakan dengan Garret pada saat usianya 21 tahun.

Sebelum pistol Colt yang membunuh Billy the Kid ini, senjata api termahal adalah US$1,98 juta yang dilelang Christie pada 2002 silam. Harga itu ditawarkan untuk menebus sepasang pistol pelana flintlock yang dibawa George Washington selama Perang Revolusi. Itu adalah hadiah dari teman dan sekutunya Marquis de Lafayette.

Selain pistol Colt yang menewaskan Billy the Kid, Bonhams pun melelang memorabilia Old West seperti manuskrip, foto, dan lain-lain.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: