Rabu , Oktober 20 2021

Sawo Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Yuk Kepoin

Buah sawo.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Buah sawo merupakan satu dari banyak jenis buah yang akrab degan masyarakat Indonesia. Sawo memiliki bentuk bulat dengan warna kulit dan daging yang coklat. Buah ini memiliki rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis. Buah ini juga menyimpan banyak manfaat untuk tubuh.

Berikut manfaat yang didapat dari buah berwarna coklat dan rasanya manis ini, dikutip Riaunews.com dari Times Indonesia.

1. Menyehatkan Mata
Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi. Seperti sudah diketahui, vitamin A sangat berperan untuk kesehatan mata. Buah sawo merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.

2. Menyehatkan Tulang
Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor yang bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua.

3. Pembentukan Sel Darah Merah
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buah sawo juga mengandung asam folat 14mkg/100 g. Asam folat diperlukan bagi tubuh manusia untuk membantu pembentukan sel darah merah.

4. Mencegah Kanker Usus
Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus.

5. Mencegah Infeksi
Sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam menyehatkan kulit dan vitamin C memiliki berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi.

6. Mengobati Radang Mulut
Manfaat buah sawo lainnya yaitu dapat mengobati radang mulut secara alami. Kandungan vitamin C yang ada pada buah sawo bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat radang mulut. Selain buahnya, daun sawo juga dapat mengobati radang mulut. Caranya, cuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit. Gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: