Sabtu , September 18 2021

Gubernur Sumbar Mahyeldi Santai DPRD Ancam Gunakan Hak Angket

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi.

Padang (Riaunews.com) – Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi, mengatakan dirinya mengikuti proses politik di DPRD yang sedang mengusulkan hak angket terkait surat minta sumbangan bertanda tangan gubernur. Mahyeldi pengajuan hak angket merupakan hak DPRD sebagai lembaga legislatif.

“Kita ikuti saja. Ya, kan masing-masing kita punya hak,” ujar Mahyeldi, Rabu (15/9/2021).

Mahyeldi menyebut dirinya akan mengikuti sesuai regulasi yang berlaku.

“Ada aturan, yang harus diikuti,” ucap Mahyeldi.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat berencana mengusulkan hak angket tentang surat permintaan sumbangan Sumbar, Mahyeldi. Surat sumbangan tersebut untuk penerbitan buku yang ditandatangani Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menjadi polemik dan kini masih sedang ditangani aparat kepolisian.

DPRD Sumbar menyampaikan usulan hak angket di sela Rapat Paripurna di gedung dewan, Selasa (14/9).

“Mengingat polemik yang terjadi atas kasus surat gubernur yang meminta sumbangan, fraksi-fraksi di DPRD sepakat untuk menggunakan hak angket, agar persoalan ini menjadi jelas dan terang benderang,” kata Anggota Fraksi Demokrat DPRD Sumbar, Nurnas.

Nurnas menjelaskan sudah ada 33 dari 65 orang anggota DPRD yang sudah membubuhkan tanda tangan dukungan. Mereka terdiri dari 3 Fraksi dan 1 Partai. Tiga Fraksi tersebut adalah Fraksi Demokrat 10 orang, Fraksi Gerindra 14 orang, Fraksi PDIP-PKB 6 orang dan Nasdem 3 orang. Sedangkan PPP, rekan Nasdem di Fraksi PPP-Nasdem belum memberikan respon.

Nurnas menyerahkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hak angket kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi disaksikan Wakil-wakil Ketua DPRD dan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

Usai paripurna, Nurnas menyebut pengajuan hak angket merupakan bagian dari pengawasan atas jalannya pemerintahan. Para pengusul berharap dukungan penuh dari DPRD agar usulan ini menjadi keputusan bersama.

“Kami tadi secara resmi telah mengusulkan agar diagendakan penggunaan Hak Angket. Kita berharap dukungan penuh dari DPRD agar ini bisa jadi keputusan bersama,” ujar Nurnas.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: