Jumat, 19 April 2024

Heboh Lampu Masjid Istiqlal Warna-warni, Ini Jawaban Kontraktor

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Kubah bagian dalam masjid Istiqlal Jakarta dilengkapi lampu yang bisa berubah warna. (Foto: Kementerian PU)

Jakarta (Riaunews.com) – Kontraktor proyek renovasi Masjid Istiqlal, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, buka suara perihal sebuah video viral yang menunjukkan lampu bagian dalam kubah masjid tersebut berwarna warni.

Senior Vice President Corporate Secretary Waskita Karya, Ratna Ningrum mengatakan, lampu warna warni itu terjadi ketika proses pengecekan sistem pencahayaan lampu.

“(Lampu) warna warni itu ada saat proses pengecekan sistem pencahayaan lampu, bersifat temporary selama proses pengecekan saja,” kata Ratna saat dihubungi, Ahad (12/9/2021).

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan lampu Masjid Istiqlal Jakarta berwarna-warni viral di media sosial. Tidak sedikit warganet yang mengkritisi pemasangan lampu warna warni tersebut.

Video tersebut diunggah oleh akun @Fkadrun, Sabtu (11/9). Dalam video tersebut menunjukkan lampu di bagian dalam kubah Masjid Istiqlal berubah warna warni.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) sebelumnya sempat memberi informasi mengenai lampu Masjid Istiqlal yang menggunakan teknologi pintar. Dalam unggahan @kemenpupr di Instagram pada 10 Agustus, akun itu menyebutkan bahwa Masjid Istiqlal didukung teknologi pintar tata cahaya atau smart lighting.

“Ribuan lampu di Masjid Istiqlal diberikan IP Adress yang masing-masingnya mengendalikan 20 lampung. Settingan lampu lalu diatur melalui aplikasi Pharos dari smartphone yang khusus dipegang pengelola Masjid Istiqlal. Berkat teknologi ini, Masjid Istiqlal kini terlihat semakin indah dan nyaman untuk beribadah,” tulis akun tersebut.

Kemudian, dalam proses renovasinya, void Masjid Istiqlal dipasangi 300 titik lampu utama dan 3.300 titik lampu ambiens. Lampunya menggunakan LED red green blue amber white (RGBAW).

Berkat teknologi tersebut, di dalam masjid Istiqlal terasa terang seperti di luar ruangan, akan tetapi tidak panas terik, seperti cahaya yang sedang tertutup awan.

Sementara, untuk kubah dalam memakai teknologi dynamic white sebanyak 192 lampu. Berkat hal itu, kubah dalam Masjid Istiqlal bisa berubah warna dari full white ke warm white yang bernuansa agak kuning.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *