Kamis , Desember 2 2021

Yuk, Kenali Sejarah Daihatsu Sirion dan Harga Terbarunya

Sumber foto : daihatsu.co.id

 

 

Hatchback Daihatsu Sirion mulai dikenal di Indonesia pada medio 2009. Akan tetapi, perilisan dari mobil Daihatsu Sirion sebenarnya berawal mula dari Malaysia. Daihatsu Sirion adalah produk rebranding dari Perodua Myvi yang muncul pada tahun 2007. Perodua adalah pabrikan mobil terbesar di Malaysia yang sahamnya dipegang oleh Daihatsu.

Mobil ini resmi mengaspal di Indonesia dengan status completely built up atau CBU. Daihatsu Sirion memiliki banyak rival, namun, dengan segala fitur yang ditawarkan bisa dibilang Daihatsu Sirion memiliki harga yang terjangkau, sehingga bisa jadi pilihan untuk kebutuhan transportasi keluarga sehari-hari.

Lalu apa saja fitur Daihatsu Sirion dari masa ke masa? Yuk simak informasi mengenai evolusi Sirion dari pertama kali diproduksi hingga sekarang. Kami juga akan memberikan informasi seputar harga terbaru Daihatsu Sirion.

Sirion Generasi Pertama

Generasi pertama Daihatsu Sirion hanya dibekali dengan satu mesin, yaitu K3-VE. Mesin dengan kapasitas 1.300 cc ini didukung oleh teknologi katup variabel VVT-i sehingga bisa menghasilkan daya hingga 87 PPS pada 6.000 rpm dan bisa memuntahkan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm.

Seri ini menyediakan dua varian percepatan, yaitu lima percepatan manual dan empat percepatan otomatis yang menggunakan penggerak roda depan.

Dari sisi rangka, Daihatsu Sirion memiliki lekukan bodi yang membentuk kurva, Namun, untuk beberapa tipe sudah diaplikasikan juga bodykit supaya tampilan Sirion lebih sporty.

Beberapa fitur yang ditawarkan pada generasi pertama ini adalah 4 buah speaker, head unit audio yang bisa bisa memutar CD, dan power window. Menariknya, Daihatsu Sirion generasi pertama hadir dalam lima warna yang berbeda.

Sirion Generasi Kedua

Mobil generasi kedua dari Daihatsu Sirion pertama kali diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Penampilan generasi kedua ini mirip dengan pendahulunya, hanya ada sedikit perubahan yang dilakukan pada bagian wajah, grill, bumper, bentuk lampu, dan kap mesin yang membuatnya terlihat lebih modern serta memiliki nuansa sporty.

Dapur pacu generasi kedua Daihatsu Sirion ini memakai mesin dan transmisi yang sama dengan generasi sebelumnya, yakni K3-VE. Perubahan cukup mencolok terjadi 4 tahun kemudian ketika pabrikan Daihatsu mengubah eksterior dengan mencakup grille, lampu LED, velg baru, spoiler belakang, muffler cutter, dan spion yang bisa dilipat secara otomatis.

Adapun bagian interior juga mengalami penambahan, yakni head unit audio 2IN yang didukung oleh CD, MP3, AUX, USB, serta Bluetooth. Astra Daihatsu Motor juga melakukan penyegaran di area lingkar kemudi serta panel instrumen.

Sirion Generasi Ketiga

Pada tahun 2018, PT Astra Daihatsu Motor lagi-lagi melakukan facelift pada Daihatsu Sirion. Kali ini tampilan baru Sirion dikenal dengan New Daihatsu Sirion yang mengusung desain lebih sporty. Fitur-fiturnya juga lebih lengkap dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.

Fitur-fitur tambahan dalam New Daihatsu Sirion adalah lampu depan LED, kemudian fitur Follow Me Home, antena sirip hiu, auto wiper bagian depan & belakang, serta audio head unit 2DIN baru, serta penampang instrumen untuk cluster baru. Tambahan mewah lainnya bisa dilihat dari adanya AC digital serta power outlet di bagian jok.

Teknologi key free system yang disematkan pada New Daihatsu Sirion memudahkan pengendara untuk masuk ke dalam kabin. Nah, bagian yang paling menarik adalah apabila pengemudi ingin menghidupkan atau mematikan mesin tingga menekan tombol start dan stop saja.

Keamanan dari Daihatsu Sirion generasi ketiga juga cukup mumpuni. Mobil dibalut nuansa sporty ini hadir dengan Anti lock Braking System (ABS), electronic Brake- Force Distribution (EBD), vehicle stability control (VSC), traction control, ISOFIX, sabuk pengaman untuk seluruh penumpang, pengingat pemakaian sabuk pengaman, serta empat kantong udara atau airbag dengan komposisi dua airbag di bagian depan dan dua airbag di bagian belakang.

Beralih ke bagian performa mesin. Daihatsu Sirion generasi ketiga menggunakan mesin baru yang berbeda dari pendahulunya, yakni 1NR-VE Dual VVT-i yang memiliki kapasitas 1.300 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 95 PS. Adapun tangki bahan bakar Sirion mempunyai kapasitas 66 liter, dengan kemampuan jelajah 12,8 km untuk 1 liter bahan bakar.

Terakhir, tahun 2020 lalu, PT Astra Daihatsu Motor kembali memberikan penyegaran pada Daihatsu Sirion. Penyegaran ini membuat konsumen cukup senang karena ditambahkan pada varian transmisi otomatis. Penambahan itu antara lain body kit, layar sentuh 7 inci yang dipasangkan dengan audio head unit, dan beberapa warna batu yang memukau.

Harga Daihatsu Sirion

Berdasarkan uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa mobil hatchback ini cocok bagi keluarga yang suka jalan-jalan ataupun anak muda yang cenderung sporty. Selain lincah di area perkotaan, mobil ini nyaman untuk dipakai dalam perjalanan jauh.

Harga Sirion terbaru ada di kisaran Rp 201 jutaan untuk transmisi manual, serta Rp 216 jutaan untuk transmisi otomatis. Anda bisa membeli Daihatsu Sirion melalui Blibli, lho. Nikmati juga segala kemudahan yang ditawarkan oleh Blibli termasuk di dalamnya kredit mobil Daihatsu Sirion.

Demikian sejarah dan harga terbaru dari si sporty Daihatsu Sirion. Semoga infonya bermanfaat ya!

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: