Rabu , Oktober 27 2021

49 Anggota DPRD Riau Sepakat Buat Pansus Penyelesaian Konflik Lahan

Marwan Yohanes.

Pekanbaru (RiauNews.com)-Sebanyak 49 anggota DPRD Riau menyepakati pembuatan Panitia Pansus (Pansus) penyelesaian konflik lahan di Provinsi Riau.

“Untuk hari ini sementara baru 49 anggota dewan yang menandatangani pembuatan Pansus tersebut,” kata salah seorang inisiator Pansus Marwan Yohanes, Kamis (30/9/2021).

Pada hari ini jelasnya insya Allah disampaikan nota dinas dari pengusul pembentukan Pansus agar nanti bisa diagendakan oleh pimpinan dalam rapat paripurna dan dalam rapat Badan Musyawarah.

“Kemarin sudah dibahas di Banmus untuk diagendakan dalam rapat paripurna, menjelang itu kita persiapan nanti untuk disampaikan di dalam sidang paripurna,” ujarnya.

Rencana pembentukan Pansus ini berawal dari pecahnya konflik masyarakat Desa Siberakun, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau dengan PT Dulta Palma.

Sikap arogansi perusahaan perkebunan kelapa sawit ini sudah sering terjadi terhadap masyarakat Kuansing, belakangan ini PT DPN memutus akses jalan masyarakat menuju kebunnya, dan yang terbaru pada Kamis (30/9/21) diam-diam exavator PT DPN menumbangkan kebun karet masyarakat.

Menurut Marwan Pansus ini dibuat bukan hanya untuk konflik lahan di PT DPN, namun untuk perusahaan lainnya yang berkonflik dengan masyarakat di Riau.

“Sesuai dengan judulnya Pansus ini kita buat untuk menuntaskan persoalan konflik lahan di Riau, jadi bukan hanya fokus pada konflik PT DPN,” imbuhnya.***

 

Pewarta : Edi Gustien

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: