Kamis , Desember 2 2021

BBKSDA Riau Gagalkan Pengiriman Burung Dilindungi dari Sumbar

Petugas BBKSDA Riau mengamankan sejumlah burung yang dilindungi dari upaya penyelundupan.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Sejumlah burung yang dilindungi dan berusaha diselundupkan ke Sumatera Barat melalui travel, berhasil digagalkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau pada Kamis (28/10/2021).

“Penggagalan penyelundupan ini berhasil dilakukan berkat adanya laporan dari masyarakat,” ucap Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono, Jumat (28/10/2021).

Begitu mendapat laporan, pihaknya kemudian menindaklanjuti dengan menurunkan tim ke lapangan dan memantau pergerakan travel yang dimaksud.

“Dari hasil penyergapan tersebut, tim menemukan barang sejumlah 8 kardus berisi burung. Tim meminta keterangan dari driver travel di TKP dan selanjutnya dengan pertimbangan pendalaman keterangan, tim membawa sopir travel beserta barang temuan ke kantor BBKSDA Riau,” lanjut Hartono.

Pihaknya kemudian meminta keterangan dan melakukan identifikasi terhadap burung yang ditemukan tersebut.

Keterangan dari driver bahwa barang tersebut dimiliki oleh saudara DS yang beralamat di Pasaman Sumatera Barat dan akan dikirim ke seseorang yang hanya diketahui nomor handphonenya untuk bertemu di sekitar Palas Pekanbaru.

Driver menyampaikan bahwa yang bersangkutan sama sekali tidak mengetahui jenis burung yang dibawanya. Namun harga keseluruhan burung tersebut adalah Rp2,8 juta yang akan ditransfer oleh si penerima dan ongkos travel sebesar Rp200 ribu.

“Adapun hasil identifikasi terhadap jenis burung yang dibawa, diperoleh data jumlah keseluruhan burung adalah 39 ekor dengan rincian 37 ekor hidup dan 2 ekor mati,” lanjutnya.

Burung yang dilindungi diantaranya adalah jenis Cica daun sayap biru (chloropsis cochinchinensis) dan Cica daun besar (Chloropsis sonnerati). Jenis yang lain masih dalam proses identifikasi.

Upaya yang dilakukan yaitu berkoordinasi dengan Balai KSDA Sumatera Barat untuk menindaklanjuti terhadap diduga pemilik burung.

“Sedangkan terhadap barang yang mejadi temuan BBKSDA Riau akan segera dilepasliarkan,” pungkasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: