Selasa , Oktober 19 2021

Diduga PT SRL Banyak Langgar Aturan, HPMR-B Minta Camat Rupat Segera Eksekusi PT SRL

Ketua HPMR-B Al Amin

RUPAT (RiauNews.com)-PT Sumatera Riang Lestari anak PT April Gruop yang beroperasi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menurut dugaan Himpun Mahasiswambuqt Pelajar Rupat Bengkalis (HPMRB)e belum mengantongi izin Rencana Kerja Tahunan (RKT) sejak tahun 2007 hingga sekarang tahun 2021.

Kondisi ini telah membuat keresahaan ditengah masyarakat Pulau Rupat, terlebih lagi banyak permasalahan PT SRL yang belum diselesaikan seperti PT SRL diduga belum memiliki izin tapal batas atau Hak Penguasaan Hutan Tanaman Industri (HPHTI), dari tahun 2010 hingga saat ini.

Hal ini sangat bertentangan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Kehutanan RI Tahun 2012 dimana setiap kawasan hutan itu harus ditetapkan sesuai dengan mekanisme yang berlaku tapi bukan ditunjuk.

” Prosedur yang semacam ini tidak boleh dilanggar oleh PT SRL. Kami tekankan kepada kepala pemerintahan Kecamatan Rupat yang baru dilantik, agar cepat menangani permasalahan yang belum terselesaikan oleh PT SRL, belum lagi keberadaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT SRL menjadi keluhan warga yang berkepanjangan dan menggeliat di kalangan masyarakat, apakah sudah berjalan atau tidak bahkan siapa yang menerima juga tidak banyak masyarakat mengetahui,” Tegas Ketua HPMR-B, Al Amin, Sabtu (2/10/21).

Menurutnya bagi hasil tanaman kehidupan perlu dikelola secara transparansi oleh pihak perusahaan maupun pemerintah desa/kelurahan kepada masyarakat karena hal seperti itu wajib untuk di sosisialisasikan.

“ Jika permasalahan ini tidak selesai oleh Camat Rupat dan Pemerintah kelurahan/ desa tentunya ini akan menjadi amukan besar-besaran bagi masyarakat dan mahasiswa pulau Rupat “. Tutup Al amin.

Dimintai tanggapanya Humas PT SRL Abdul Hadi melalui pesan Whattshap, hingga berita ini tayang, tidak meresponnya.

Pewarta : Edi Gustien

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: