Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Didesak Copot Menpora Buntut Kemenangan di Piala Thomas Tanpa Bendera Merah Putih

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali.

Jakarta (Riaunews.com) – Tim beregu putra Indonesia memenangkan Piala Thomas, salah satu trofi paling bergengsi di dunia bulu tangkis. Hendra Setiawan cs akhirnya bisa kembali membawa pulang piala tersebut setelah terakhir kali pada 2002 lalu.

Pada final Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Denmark, Ahad (17/10/2021), Indonesia sukses menghancurkan China di partai final. Tak tanggung-tanggung, Indonesia mengunci kemenangan hanya melalui tiga gim saja, alias 3-0.

Hanya saja, momen spesial ini terasa hambar lantaran para putra terbaik negeri tak bisa mengibarkan bendera negara atau Merah Putih di turnamen ini walaupun sukses jadi juara. Untuk seremoni, Jonatan Christie dkk ditemani bendera PBSI.

Hal tersebut lantaran sanksi yang diterima Indonesia dari WADA (Badan Antidoping Dunia).

Sebelumnya, per tanggal 7 Oktober 2021, WADA menjatuhkan sanksi pada Indonesia lantaran dianggap tak patuh dalam penegakan standar antidoping sehingga berimbas pada hak untuk menggelar kejuaraan tingkat regional, kontinental, atau internasional.

Imbasnya, Indonesia tak memenuhi syarat untuk jadi tuan rumah turnamen regional hingga dunia. Ditambah, tak bisa mengibarkan bendera negara selain di Olimpiade.

Hanya saja, atlet masih diperbolehkan bertanding di semua kejuaraan. Beruntung, lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa berkumandang saat Tim Merah Putih menjuarai Piala Thomas 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali pun jadi sasaran warganet atau netizen atas kejadian tersebut.

Pantauan Fajar.co.id, hingga Senin pagi (18/10/2021) sudah 7.500 lebih tweet soal Menpora. Netizen ramai-ramai mempertanyakan dan menyayangkan kenapa hanya bendera PBSI yang berkibar.

Tak sedikit netizen yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengganti Menpora saat ini. Berikut beberapa komentar warganet:

“Kalau saya presiden pasti saya copot Menpora. apa jokowi gak malu lihat bendera PBSI yg dijadikan bendera saat Indonesia raya dikumandangkan di perayaan juara piala thomas?,” tulis tokoh NU, Umar Hasibuan di akun Twitternya.

“Ini kelalaian Pemerintah RI cq. Menpora.Indonesia di Saspen oleh Lembaga Doping Internasional (LADI). Hal seperti sejak awal harusnya sudah di antisipasi. Atlet kita sudah berjuang, tapi di rusak oleh lemahnya kerja !birokrat,” ujar politikus Partai Demokrat Abdullah Rasyid.

“Pecat Menpora #Eh,” tweet politikus Demokrat lainnya, Cipta Panca Laksana.

“Merah Putih tdk berkibar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark malam ini. Merah Putih digantikan bendera PBSI.Jk tim Thomas Indonesia juara, Indonesia Raya tetap berkumandang.Dan sgl hormat kpd Menpora. Doping plan, manajemen sampel, dan modernisasi lab adl urusan yg sangat serius,” komentar Ainur Rohman jurnalis olahraga senior JawaPos. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *