Kamis , Desember 2 2021

Pemprov Riau Cari Pengganti Kadis ESDM Indra Agus Lukman yang Jadi Tersangka Korupsi

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Indra Agus Lukman saat ini menjadi tersangka kasus korupsi Kejari Kuansing.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pemerintah Provinsi Riau akan mencari sosok baru sebagai pengganti Indra Agus Lukman yang saat ini sedang tersandung kasus hukum dan telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana kegiatan Bimtek di Dinas ESDM Riau pada tahun 2013.

Untuk sementara, untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pemprov menunjuk Sekretaris Dinas ESDM sebagai pelaksana tugas (Plt) Kadis.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, penggantian pejabat dilakukan karena pihak Pemprov telah menerima surat penetapan tersangka Indra Agus Lukman dari Kejari Kuantan Singingi (Kuansing).

“Surat penetapan (Indra Agus Lukman) sudah keluar. Konsekuensi hukumnya sudah jelas. Bahwa ASN (pejabat) yang terlibat tindak pidana korupsi (Tipikor), dan sudah ditetapkan tersangka, maka otomatis harus diganti,” tegasnya.

Sementara apakah penggantian akan melalui hasil evaluasi atau lewat asessment akan diserahkan kepada gubernur.

“Bisa jadi langsung diganti atau melalui asessment, nantu tergantung Pak Gubernur,” sambungnya.

Terkait kasus yang menimpa Indra Agus Lukman, lanjut SF Hariyanto, pihaknya mengedepankan azas praduga tak bersalah dan menghargai proses hukum.

“Jadi kita tunggu pembuktiannya di Pengadilan. Apakah bebas atau tidaknya. Tapi kita pegang azas praduga tak bersalah,” pungkasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: