Kamis , Desember 2 2021

6 Desa di Batu-Jatim Disapu Banjir Bandang, 15 Orang Hanyut 2 Dilaporkan Meninggal

Banjir bandang melanda Kota Batu, Jawa Timur.

Malang (Riaunews.com) Sebanyak 6 desa di Kecamatan Bumiaji, Batu dilanda banjir bandang pada Kamis (4/11).

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengurai bahwa keenam desa itu meliputi Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo, Desa Sido Mulyo, dan Desa Punten.

Berdasarkan catatannya sementara, kerugian materil yang ditimbulkan berupa 27 unit sepeda motor rusak, 2 unit mobil rusak, 3 ekor sapi dan 5 kambing hanyut terseret derasnya aliran air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas.

Kalaksa BPBD Jatim, Budi Santosa menyebutkan di antaranya ialah Fainis (31), Linda Ariesti (36), Bayu Agung (17), Mukharul Jannah (22), dan M Arief Mudinanto (31).

“Lima warga yang hanyut dan ditemukan selamat saat ini dirawat di Puskesmas Bumiaji,” ujar Budi dilansir Kantor Berita RMOLJatim, Kamis malam (4//11/2021).

Terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menyebutkan bahwa terdapat tambahan satu orang selamat yang berhasil dievakuasi timnya. Yakni atas nama Saiful warga Toyomerto Desa Pesanggarahan.

Kendati begitu, Choirur Rochim menyebutkan bahwa terdapat dua warga yang meninggal dunia akibat terseret banjir bandang. Mereka ialah Wiji (56) dan satu orang laki-laki yang belum dikenal identitasnya.

“Satu orang laki-laki yang belum diketahui identitasnya usia sekitar 60 tahun, ditemukan di Dusun Beru,” ujar Choirur Rochim.

Sejauh ini disebutkan bahwa banjir bandang terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi akibat fenomena La Nina di wilayah di Jatim. Hujan deras membuat arus sungai Brantas meluap ke desa sekitar. ***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: