Selasa, 23 April 2024

Rusia akan Memperluas Kerja Sama Dengan Negara-Negara Islam dalam Berbagai Sektor

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 

Moskow (Riaunews.com) – Rusia membuka peluang ekspor bagi negara-negara islam dalam sektor industri halal. Peluang kerjasama baru tersebut dijelaskan oleh Kepala Kelompok Visi Strategis “Rusia – Dunia Islam”. Pernyataan ini dikatakan oleh Kepala Republik Tatarstan Rustam Minnikhanov, dalam pertemuan dengan duta besar negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada tanggal 5 Maret. Pertemuan ini diadakan di Gedung Resepsi Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow.

“Seperti yang terlihat dari contoh Republik Tatarstan – salah satu wilayah terkemuka di Rusia – kita bisa melihat bagaimana Rusia memperluas kerjasama dengan dunia Islam dan membangun kontak perdagangan, ekonomi, dan investasi, kami juga berhasil mengembangkan hubungan budaya dan kemanusiaan.” Ujar Rustam Minnikhanov

Tidak hanya itu, Minnikhanov juga menjelaskan bahwa republik yang ia pimpin akan menjadi salah satu wilayah percontohan dalam menerapkan prinsip-prinsip perbankan dan pembiayaan Islam di Rusia.

Tak hanya itu, saat ini Tatarstan sedang melakukan pengembangan aktif untuk mempelajari dan mengembangkan industri Halal, dengan memberikan perhatian besar pada pendidikan Islam.

Nantinya, industri yang akan menjadi fokus Rusia dalam menjalin kerja sama dengan negara-negara islam adalah keuangan Islam, pengembangan koridor transportasi, dan pendidikan. Selain itu,  sektor pariwisata dan medis juga sedang dipertimbangkan.

Program budaya juga akan diperluas acara khusus akan diadakan dengan tema seni islam digital, ekonomi kreatif, industri film, hingga pengembangan olahraga juga akan menjadi topik penting Forum internasional Kamar Dagang dan Industri akan mengumpulkan perwakilan bisnis dari negara-negara Islam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *