Selasa, 24 Mei 2022

Smart Air Gantikan Susi Air di Malinau

Pesawat milik Smart Aviation.

Jakarta (Riaunews.com) – Bupati Kabupaten Malinau Wempi Wellem Mawa mengatakan pemerintah Kabupaten Malinau tidak mengusir PT ASI Pudjiastuti atau Susi Air dari Bandara Kolonel RA Bessing Malinau, Kalimantan Utara.

“Tidak diusir, kontrak hanggar nya sudah berakhir tahun 2021 kemarin,” kata Wempi saat dihubungi dari Jakarta, pada Rabu (2/2/2022).

Wempi memberikan kesempatan kepada maskapai lain untuk menggunakan hanggar tersebut untuk 2022, meskipun Susi Air telah melayani perjalanan perintis selama 10 tahun. Maskapai yang menggantikan Susi Air adalah Smart Air.

Dilansir dari halaman resmi perusahaan, PT Smart Cakrawala Aviation merupakan perusahaan jasa angkutan udara niaga tidak berjadwal. Perusahaan ini didirikan pada akhir 2016 dan berkantor pusat di Jakarta.

Saat ini Smart Air memiliki dan mengoperasikan 11 pesawat Cessna Caravan 208/208B, satu helikopter Airbus H 130 T2 dan dua pesawat Pilatus PC 6 Porter.

Smart Cakrawala Aviation juga memiliki dan mengoperasikan bandara swasta di Singkawang, Kalimantan Barat, Bandara Semelagi. Bandara ini mulai uji coba penerbangan sejak Maret 2021.

Smart Air menambah armada pesawat, yaitu 3 Pilatus PC6 Porter pada 2022, 4 Cessna Caravan 208B dan berencana untuk membeli Cessna 408 SkyCourier bermesin ganda.

Pada Juni 2021, Smart Cakrawala Aviasi menerima sertifikat Approved Military Aircraft Repair Station (AMARS) dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Sertifikat tersebut memungkinan perseroan untuk menggarap perawatan pesawat angkut milik industri pertahanan Republik Indonesia.

Sebelumnya sempat heboh kabar Susi Air yang diusir dari hanggar Malinau yang telah menjalin kerja sama selama 10 tahun dan akhirnya terhenti pada tahun ini. Susi Pudjiastuti pun menuliskan kekecewaannya melalui Twitter pribadinya pada Rabu, 2 Februari 2022.

“Seringkali ada kejutan dlm hari-hari kita .. Kejutan hari ini, sy dapat video dari anak saya ttg pesawat Susi Air dikeluarkan paksa oleh sekumpulan Satpol PP dari Hanggar Malinau setelah kita sewa selama 10 tahun ini untuk melayani penerbangan di wilayah Kaltara ..,” cuitnya lewat akun @susipudjiastuti, Rabu, 2 Februari 2022.***

Tinggalkan Balasan