Kamis, 29 Februari 2024

Eks Dirut LIB Tersangka Kasus Kanjuruhan Dibebaskan, Polisi: Berkas Belum Lengkap, Masa Tahan Habis

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Mantan Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita yang menjadi salah satu tersangka kasus tragedi Kanjuruhan.

Surabaya (Riaunews.com) – Eks Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita (AHL) dilepas dari tahanan Polda Jatim lantaran berkas perkara tersangka Tragedi Kanjuruhan itu belum lengkap, sementara masa penahanannya sudah habis.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Mia Amiati mengatakan masih terdapat kekurangan kelengkapan bukti dan keterangan dalam berkas Hadian.

“Kami kembalikan, masih P19 karena dari pasal yang disangkakan, keterangan saksi-saksi, dan tersangka sesuai BAP, ketentuan unsur pidananya juga belum terpenuhi,” kata Mia, Rabu (21/12/2022) kemarin.

Meski demikian, kata Mia, Hadian tidak lah bebas dari jerat hukum. Menurutnya, penyidikan tetap dilanjutkan oleh kepolisian.

“AHL sebagai Dirut LIB bukan bebas, bukan dihentikan, tapi unsur pidananya belum terpenuhi, apabila ada fakta-fakta baru, penyidikan dan penyelidikan tetap terbuka, bukan berhenti,” ujarnya.

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jatim, Sofyan Selle mengatakan pihaknya telah memberikan petunjuk kepada penyidik untuk melengkapi berkas Hadian. Tapi, hingga kini, polisi masih belum bisa memenuhinya.

“Petunjuk ini oleh penyidik belum dipenuhi,” ujarnya.

Perjalanan berkas ini sudah memakan waktu nyaris tiga bulan. Polisi pertama kali melimpahkannya ke Kejati Jatim pada 25 Oktober 2022.

Tapi jaksa menyatakan berkas itu tidak lengkap (P19) dan dikembalikan lagi ke Polda Jatim pada 7 November 2022.

Polisi lalu memperbaiki berkas itu dan menyerahkan lagi ke Kejati Jatim pada 21 November 2022. Tapi pada 1 Desember 2022 berkas itu dikembalikan dan dinyatakan belum lengkap.

Terakhir polisi menyerahkan lagi berkas yang sudah mereka perbaiki ke Kejati Jatim 13 Desember 2022. Oleh jaksa berkas untuk lima tersangka dinyatakan lengkap atau P21. Sedangkan berkas Hadian masih belum memenuhi kelengkapan (P19).

Lima tersangka yang berkasnya sudah dinyatakan lengkap itu yakni Ketua Panpel Arema Arema FC Abdul Haris, Security Officer Suko Sutrisno, Danki 3 Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi.

Lima tersangka itu sudah dilimpahkan Polda Jatim ke Kejati Jatim. Mereka pun masih ditahan. Sedangkan Lukita dibebaskan sementara oleh polisi karena masa penahanannya habis.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *