Rabu, 17 Agustus 2022

3 Jemaah Haji Jawa Barat jadi Korban pencurian di Hotel Makkah

Jemaah Haji berada di Masjidil Haram, Makkah (Sumber: Republika)

Makkah (RIaunews.com) – Sebanyak 3 Jemaah Haji menjadi korban pencurian uang di kamar hotel yang dihuni oleh Kloter Jawa barat, disekitar wilayah Misafalah, Makkah, peristiwa dilaporkan pada 15 Juli 2022, kasus pencurian juga sempat beredar di media sosial.

dilansir dari Liputan6.com, Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Muhammad Khanif mengkonfirmasi bahwa uang ketiga Jemaah sudah diganti oleh manajemen hotel.

“Peristiwa kehilangan itu dilaporkan oleh jemaah pada 15 Juli 2022. Selanjutnya petugas berkoordinasi dengan pihak manajemen Hotel. Setelah dikonfirmasi, dipastikan bahwa uang jemaah tersebut dicuri di kamar sehingga langsung diganti pada hari itu juga oleh manajemen hotel,” jelas Khanif saat berdinas di Makkah, Kamis (21/7/2022).

Khanif juga menjelaskan bahwa ketiga Jemaah yang menjadi korban menempati kamar yang sama. Masing – masing Jemaah telah kehilangan Uang Riyal Saudi sebesar 2.500, SAR 9.00, dan SAR 100. Seorang Jemaah juga kehilangan sebuah tas kecil berisikan dokumen – dokumen penting untuk keperluan administrasi haji.

Khanif menyesalkan adanya youtuber yang mengunggah konten adanya Jemaah yang kehilangan uang nya secara tidak komprehensif. konten tersebut berhenti pada masalah yang terjadi, tidak sampai pada penyelesaian masalah.

Video tersebut juga menyebarkan  informasi keliru  bahwa total kerugian ketiga Jemaah mencapai 30 juta Rupiah.

“Jadi total yang hilang 3.500 Riyal atau sekitar 14 juta rupiah. Tidak sampai 30 juta rupiah sebagaimana yang disebutkan dalam video yang beredar.,” tegas Khanif.

Khanif memberikan pujian kepada pihak Hotel yang cepat tanggap mengganti uang para Jamaah begitu laporan tersebut disampaikan. Ia juga menghimbau  kepada jemaah haji Indonesia untuk melaporkan kepada petugas jika mengalami kehilangan di kamar atau hotel.

Tinggalkan Balasan