Minggu, 25 September 2022

Jumpai Taliban, Menlu Retno Minta Perempuan Afganistan Diperbolehkan Kembali Sekolah

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Doha (Riaunews.com) – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan pihak Taliban untuk membahas larangan sekolah bagi perempuan di Afghanistan. Retno bertemu dengan pejabat Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi.

Dilansir dari AFP, pertemuan tersebut terjadi pada Senin (29/3/2022) di Doha, Qatar. Menlu Retno bersama dengan Wakil Menteri Luar Negeri Qatar Lolwah Al Khater saat bertemu dengan Muttaqi.

Retno dan Al Khater adalah perwakilan asing pertama yang bertemu dengan pemimpin Taliban sejak kelompok fundamentalis itu memulangkan gadis-gadis itu Rabu (23/3) lalu, beberapa jam setelah mengizinkan mereka kembali ke sekolah menengah.

Dalam unggahan di Twitter, Retno mengunggah foto pertemuan tersebut. Dia menyebut sedang membahas masalah pendidikan untuk semua.

“Membahas masalah kemanusiaan dan pendidikan untuk semua di Afghanistan” dengan Muttaqi.

“Gadis-gadis dalam pendidikan serta hak-hak perempuan dibahas dalam pertemuan itu,” tambah seorang sumber pada diskusi tersebut.

Diketahui, Amerika Serikat (AS) membatalkan pembicaraan yang direncanakan dengan Muttaqi di Doha pada akhir pekan sebagai protes atas aksi pemulangan perempuan dari sekolah.***

Tinggalkan Balasan