Minggu, 3 Juli 2022

Kanda Tak Terima Rusia Tutup Kantor CBC News di Moskow

Rusia tutup kantor CBC News di Moskow. (Foto: AP)

Moskow (Riaunews.com) – Pemerintah Rusia menutup kantor perusahaan pers radio dan televisi Canadian Broadcasting Corporation (CBC) di Moskow pada Rabu (18/5/2022).

Mengutip AFP, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan sikap itu merupakan balasan untuk Kanada yang lebih dulu melarang penyiaran kantor berita RT.

“Keputusan dibuat sebagai balasan atas tindakan Kanada, dalam hal ini dengan menutup kantor CBC di Moskow termasuk pembatalan akreditasi dan visa bagi para jurnalisnya,” kata Jubir Kemenlu Rusia, Maria Zakharova.

Pemimpin redaksi CBC News, Brodie Fenlon sangat kecewa dengan sikap Rusia. Dia menegaskan bahwa CBC News tidak memiliki hubungan dengan Pemerintah Canada.

Oleh karena itu, ia kecewa dengan sikap yang diambil Rusia.

“CBC benar-benar independen dari pemerintah Kanada dan kami sedih ketika Rusia menggabungkan keduanya,” kata Fenlon.

Terpisah, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berang ketika tahu Rusia menutup kantor CBC di Moskow. Dia mengecam Rusia atas tindakan tersebut.

Trudeau menganggap Presiden Rusia Vladimir Putin terancam dengan pemberitaan media yang benar-benar menyajikan fakta.

“Kebenaran, jurnalisme yang bertanggung jawab, membagikan apa yang sebenarnya terjadi terhadap masyarakat adalah ancaman besar bagi Vladimir Putin dan perang ilegalnya serta keotoriterannya,” kata Trudeau.

Sebelumnya, Pemerintah Kanada memblokir kantor berita RT yang terafiliasi dengan Pemerintah Rusia. Beberapa negara barat juga melakukan hal yang sama.

Keputusan itu diambil karena menganggap RT meyebarkan propaganda dan informasi keliru ihwal perang di Ukraina.***

Tinggalkan Balasan