Kamis, 29 Februari 2024

Uni Eropa Nilai Rencana Israel hancurkan Hamas Gagal

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell. (Foto: Reuters)

Jakarta (Riaunews.com) – Uni Eropa memandang rencana Israel di Gaza gagal. Oleh sebab itu, mereka akan mendorong terciptanya two state solution meski Israel keberatan.

“Rencana Israel menghancurkan Hamas di Gaza tidak berhasil, dan Uni Eropa mesti berupaya menciptakan two state solution,” ucap kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell seperti dikutip dari Reuters.

Komentar Borrell disampaikan setelah pada akhir pekan lalu, PM Israel Benjamin Netanyahu keberatan atas rencana pembentukan negara Palestina usai perang Gaza.

Dilansir Kompas.com, Netanyahu mengatakan, rencana itu berbahaya bagi Israel. Ia ingin seluruh keamanan di sebelah barat Sungai Yordan, termasuk Gaza dan Tepi Barat, dikendalikan penuh oleh Israel.

Menurut Borrell saat ini tugas Uni Eropa adalah menekan upaya internasional agar negara Palestina dapat hidup berdampingan dengan Palestina.

“Untuk mengatakan bahwa penghancuran Hamas adalah tujuannya adalah satu sisi, karena itu berarti terserah Israel kapan mereka memutuskan bawah (Hamas) sudah cukup lemah,” ujar Borrell.

“Kami tidak bisa bekerja seperti itu,” sambung Borrell.

Komentar Borrell disampaikan saat pertemuan rutin Menlu Uni Eropa. Kali ini pertemuan turut dihadiri oleh Arab Saudi, Mesir, Yordania dan Sekjen Liga Arab.

Pertemuan rutin akan fokus membahas perang Gaza. Namun, akan pula sedikit menyinggung perang Ukraina.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *