12 Hal ini Dapat Membuat Pria Tak Subur

(Ilustrasi: Getty)

Riaunews.com – Masalah ketidaksuburan atau infertilitas pada pria dipengaruhi oleh beragam faktor, beberapa di antaranya mungkin tidak disadari.

Penyebab pria tidak subur bisa karena paparan bahan kimia hingga gaya hidup.

Infertilitas dapat terjadi ketika pria tidak bisa menghasilkan sperma dalam jumlah yang cukup, berkualitas baik, bahkan tidak menghasilkan sperma sama sekali.

Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan atau gaya hidup tak sehat, gangguan hormon, masalah fisik, pengaruh psikologis, dan banyak lagi.

Dilansir CNNIndonesia.com dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah penyebab pria tidak subur.

1. Merokok
Pria yang merokok kemungkinan besar memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada mereka yang tidak merokok. Selain itu, merokok dapat memengaruhi bentuk hingga menurunkan daya gerak sperma.

2. Usia
Tingkat kesuburan pria dengan usia di atas 40 tahun lebih rendah dibandingkan dengan lelaki muda.

Sementara itu, kesuburan wanita secara bertahap menurun seiring usianya bertambah, terutama pada pertengahan 30 tahun, lalu turun dengan cepat setelah usia 37 tahun.

Masalah kemandulan pada wanita yang lebih tua kemungkinan karena jumlah dan kualitas sel telur lebih rendah atau masalah kesehatan yang mempengaruhi kesuburan.

2. Kelebihan berat badan
Pola makan tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan kaya lemak, akan memengaruhi produksi hormon testosteron. Dampaknya, produksi sperma akan menurun drastis.

Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan kaya serat.

4. Infeksi menular seksual
Mengutip NHS, beberapa infeksi menular seksual, termasuk klamidia dapat memengaruhi kesuburan.

Penyakit klamidia berasal dari bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri tersebut bisa bertahan di air mani dan cairan praejakulasi.

Tidak ada gejala dari infeksi ini. Adapun penyebarannya sangat cepat, baik karena seks melalui vagina, oral, maupun anal.

Penyebab menyebarnya penyakit ini karena tidak menggunakan pengaman saat melakukan aktivitas seksual dengan orang yang mengidapnya.

5. Minuman beralkohol
Salah satu penyebab pria tidak subur adalah kebiasaan mengonsumsi alkohol (Foto: Republica/Pixabay)
Kadar testosteron yang memproduksi sperma ini akan bermasalah jika Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol. Dampak lainnya, Anda akan mengalami disfungsi ereksi dan penurunan jumlah sperma.

Penyakit hati karena terlalu banyak mengonsumsi minuman ini pun akan menyebabkan masalah kesuburan.

Sementara itu, hingga kini tidak ada bukti yang menunjukkan minuman berkafein, seperti teh dan kopi memengaruhi masalah kesuburan.

6. Stres
Stres akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Hal ini berujung pada hilangnya dorongan seksual. Dalam kasus yang lebih parah, stres dapat memengaruhi ovulasi dan produksi sperma.

7. Obat-obatan
Obat-obat penambah kekuatan dapat menyebabkan testis mengecil dan produksi sperma menurun. Hal ini pun berlaku jika Anda mengonsumsi kokain maupun ganja.

8. Terpapar bahan kimia
Penyebab pria tidak subur selanjutnya karena terpapar bahan kimia. Baik itu pestisida, herbisida, pelarut organik, maupun bahan pengecatan.

9. Paparan logam berat
Paparan logam berat atau timbal juga dapat menyebabkan kemandulan. Hindari berbagai logam berat yang berbahaya bagi tubuh seperti merkuri, cadmium, plumbum, chromium, cufrum, dan cobalt.

10. Radiasi
Radiasi sinar X dapat mengurangi produksi sperma. Namun, umumnya produksi akan kembali normal. Adapun radiasi dengan dosis tinggi akan mengurangi produksi sperma secara permanen.

Selain itu, terapi radiasi atau kemoterapi juga menyebabkan infertilitas atau kemandulan pada pria.

11. Testis panas
Testis yang menerima suhu terlalu panas seperti saat berendam atau mandi uap dapat menurunkan jumlah produksi sperma untuk sementara, merujuk MayoClinic.

Namun, Anda masih boleh berendam dengan catatan, suhu air tidak terlalu panas, berendam tidak lebih dari 30 menit, dan tidak terlalu sering melakukannya.

Jika lebih dari 30 menit dan melakukannya selama, masalah produksi sperma bisa terjadi sampai 5 minggu.

12. Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama di depan komputer dapat meningkatkan suhu di skrotum. Skrotum berfungsi membungkus testis atau buah zakar. Jika testis tertekan dan panas untuk waktu yang lama, produksi sperma turut bermasalah.

Kapan Harus ke Dokter?
Segera datangi dokter jika Anda tidak dapat memiliki keturunan setelah teratur berhubungan seksual selama satu tahun atau memiliki salah satu dari tanda berikut ini:

  • Dorongan seks rendah
  • Masalah ereksi maupun ejakulasi
  • Nyeri, ketidaknyamanan, benjolan atau pembengkakan di area testis
  • Riwayat masalah testis, prostat, atau seksual
  • Operasi selangkangan, testis, penis, atau skrotum
  • Anda dan pasangan sudah berusia di atas 35 tahun.

Demikian penyebab pria tidak subur yang harus Anda waspadai dan mulai membiasakan hidup sehat agar kualitas sperma meningkat.***

Tinggalkan Balasan

Next Post

Kasus Harun Masiku, Demokrat: KPK Tak Berani Bongkar Korupsi Dekat Kekuasaan

Ming Des 26 , 2021
308 Jakarta (Riaunews.com) – Ketua DPP Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin menyinggung kasus suap politikus PDIP Harun Masiku saat merespons […]
Kader PDIP yangmenjadi buronan KPK, Harun Masiku.
%d blogger menyukai ini: