Sabtu, 1 Oktober 2022

Kemenkes Sebut Penderita Cacar Monyet di Jakarta Alami Ruam di Muka, Tangan dan Alat Kelamin

Kasus cacar monyet terus berkembang di Eropa.

Jakarta (Riaunews.com) – Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan satu pasien terkonfirmasi positif cacar monyet atau monkeypox di Tanah Air mengalami gejala demam dan pembesaran kelenjar limpa.

Syahril menyebutkan pasien tersebut juga mengalami cacar atau ruam di muka, telapak tangan, dan sekitar genitalia atau alat kelamin.

“Ada cacarnya atau ruamnya di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian sekitar alat genitalia,” kata Syahril dalam konferensi pers, Sabtu (20/8).

Namun, kata Syahril, pasien dalam kondisi baik. Menurutnya, tidak ada gejala berat.

Ia mengatakan pasien terkonfirmasi positif cacar monyet itu merupakan laki-laki berusia 27 tahun yang berasal dari DKI Jakarta. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

“Keadaannya baik, ya tidak sakit berat,” ucapnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Sejumlah negara juga sudah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan.

Adapun cacar monyet terdeteksi di negara non-endemik pada Mei lalu. Seorang pria Inggris terkonfirmasi positif cacar monyet setelah melakukan perjalanan ke Nigeria.***

Tinggalkan Balasan