Jumat, 1 Juli 2022

Ketahui 7 Manfaat Kentut, Mulai Meredakan Sakit Perut Hingga Tingkatkan Kesehatan Usus

(Ilustrasi)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Semua orang pernah melakukan kentut atau buang angin. Aktivitas ini bagi sebagian orang mungkin terasa memalukan, apalagi jika dilakukan di tempat umum atau keramaian.

Meski begitu, secara ilmiah, kentut ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dikutip Kompas.com dari Healthline, kentut adalah produk sampingan dari sistem pencernaan yang bekerja.

Kentut diproduksi karena gas yang masuk ke dalam tubuh saat kita makan dan yang terbentuk di usus saat makanan dicerna, dikutip dari Medicine Net. Lalu apa yang menyebabkan kentut mengeluarkan bau tidak sedap?

Penyebabnya adalah karbohidrat tertentu yang kita konsumsi tidak sepenuhnya dicerna oleh enzim di lambung dan usus. Sisa dari karbohidrat itulah yang kemudian dicerna oleh bakteri di usus.

Dalam proses pencernaan oleh bakteri usus itu menghasilkan gas, yang mengandung hidrogen sulfida dan amonia. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kentut bisa mengeluarkan bau tidak sedap.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kentut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama hal yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Berikut adalah manfaat kentut bagi kesehatan.

1. Tanda Anda mengkonsumsi makanan seimbang
Kentut ternyata bisa menjadi tanda bahwa Anda telah mengonsumsi makanan seimbang. Indikatornya adalah makanan yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian akan menghasilkan gas dalam proses pencernaan.

Jika Anda hanya makan karbohidrat sederhana, Anda mungkin tidak akan menghasilkan banyak gas. Namun, itu tidak sehat. Makan makanan bergizi seimbang yang lebih sehat untuk tubuh, khususnya untuk usus.

2. Meredakan sakit perut
Dikutip dari Healthline, ketika makan, minum, mengunyah, menelan, dan mencerna makanan, gas akan terkumpul di saluran pencernaan.

Saat pencernaan Anda telah menghasilkan banyak gas, itu akan menyebabkan sakit perut dan ketidaknyamanan.

3. Meningkatkan kesehatan usus besar
Selain bisa meredakan sakit perut, kentut juga bisa meningkatkan kesehatan usus besar. Sebaliknya, jika Anda terlalu lama menahan kentut, gas di dalam perut bisa mengiritasi usus besar atau wasir.

Karena itu disarankan tidak terlalu lama menahan kentut dan manfaat kentut bisa dirasakan untuk meningkatkan kesehatan usus besar.

4. Menandakan usus yang sehat
Indikator usus yang sehat bisa dilihat dari aktivitas kentut seseorang. Kentut dapat menjadi tanda bahwa mikrobioma usus sehat atau tidak. Ketika Anda lebih banyak kentut, bisa artinya mikrobioma usus lebih sehat.

Kesehatan usus yang baik dan koloni bakteri yang berkembang menghasilkan lebih banyak gas. Itu karena bakteri dalam pencernaan bisa memecah makanan di perut dan usus Anda dengan lebih mudah.

Meskipun hal itu dapat menghasilkan gas berlebih, di sisi lain itu pertanda bahwa saluran pencernaan Anda baik-baik saja.

5. Mengurangi kembung
Kembung adalah kondisi di mana perut terasa penuh atau seperti bengkak. Biasanya ini terjadi ketika seseorang terlalu banyak makan dan minum yang menghasilkan gas.

Di sini manfaat kentut adalah untuk dapat membantu mengurangi kembung dan gejala apa pun yang menyertainya. Sehingga, saat dorongan mengeluarkan gas itu muncul, seseorang mengeluarkan gas atau kentut.

6. Mengidentifikasi alergi atau intoleransi makanan
Saat Anda makan makanan yang mengandung alergen, tubuh akan mengirimkan sinyal bahwa saluran pencernaan terganggu (intoleransi terhadap makanan tertentu).

Sinyal itu dapat berupa:

  1. Diare
  2. Mual
  3. Kembung
  4. Kentut

Jika Anda terus-menerus mengalami kembung dan kentut yang lebih sering, artinya tubuh sedang memberi tahu bahwa ada yang salah dari makanan yang Anda makan. Untuk memastikan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tes kesehatan.

7. Alarm kesehatan
Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun terlalu sering kentut dan menimbulkan bau yang ekstrem, malah bisa menimbulkan masalah medis. Karena itu, kentut juga bisa menjadi alarm kesehatan bagi Anda.

Sebagai catatan, dikutip dari Healthline, rata-rata orang bisa menghasilkan kentut 14-23 setiap harinya. Namun, Anda bisa kentut lebih sedikit atau lebih banyak, tergantung makan yang Anda konsumsi dan gaya hidup Anda.

Kentut berlebihan adalah kentut lebih dari 25 kali per hari. Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya. Anda mungkin hanya mengira tentang kentut yang lebih sering dengan merasakan tekanan berlebih di rektum (anus).

Karena itu, jika Anda merasa frekuensi kentut dalam sehari sudah melebihi rata-rata normal, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Terlebih jika diikuti kondisi seperti:

  • Rasa sakit dan tidak nyaman saat kentut
  • Mual
  • Muntah
  • Diare.***

Tinggalkan Balasan