Selasa, 24 Mei 2022

Asyik, Kemenhub Persiapkan Mudik Gratis Bagi 10.500 Orang, Ini Syaratnya

Mudik gratis pada 2017 silam. (Foto: Bisnis.com)

Jakarta (Riaunews.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan kegiatan mudik gratis untuk sekitar 10.500 orang yang rencananya akan digelar pada akhir bulan April.

“Rencana jumlah pemudik kurang lebih 10.500 orang yang dapat mengikuti program mudik gratis,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dilansir Antara, Rabu, 6 April.

Dirjen Budi menjelaskan, Ditjen Perhubungan Darat juga tengah menyiapkan sebanyak 350 armada bus untuk penumpang, dan sebanyak 34 truk untuk angkutan motor.

Ia menyampaikan, mekanisme pendaftaran mudik gratis tersebut dapat dilakukan secara daring (online) melalui website.

Registrasi peserta akan dibagi di 5 lokasi yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok. Ia menyebut, Kemenhub menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk kegiatan mudik gratis tahun 2022.

“Program mudik gratis ini dianggarkan Rp10 miliar,” ujarnya.

Ada pun syarat perjalanan bagi calon pemudik, berlaku aturan vaksinasi ke 1, ke 2 atau booster yang mengacu kepada Surat Edaran (SE) No 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Mudik Gratis TA 2022.

SE tersebut nantinya mengatur tentang ketentuan prokes selama perjalanan, tidak diperkenankan mengobrol selama perjalanan, dan adanya sejumlah imbauan terkait prokes.

“Serta memerintahkan Direktorat terkait untuk melakukan pengawasan pelaksanaannya dengan menempatkan petugas pemantau atau pengawas,” pungkasnya.***

 

Sumber Berita

Tinggalkan Balasan