Selasa, 23 Juli 2024

Belum Setahun Atap Stasiun Sudah Bocor, KCIC Beralasan Dibangun di Musim Kemarau Belum Diuji saat Hujan Deras

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Atap stasiun kereta cepat di Halim bocor ketika hujan lebat melanda Jakarta.

Jakarta (Riaunews.com) – Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) buka suara tentang video yang ramai diperbincangkan di media sosial mengenai talang Stasiun Halim yang bocor akibat hujan deras pada Sabtu (4/11/2023).

General Manager Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pengujian saluran air memang belum dapat dilakukan di Stasiun Kereta Cepat Halim saat debit air tinggi.

“Pembangunan atap Stasiun Kereta Cepat Halim dilakukan pada saat musim kemarau, sehingga pengujian saluran air belum dapat dilakukan saat debit air tinggi karena intensitas hujan tinggi (hujan deras),” ucap Eva dalam keterangannya kepada Tempo pada Ahad (5/11/2023).

Sebelumnya Eva mengonfirmasi bahwa curah hujan yang tinggi pada Sabtu, 4 November 2023 memang mengakibatkan kebocoran di talang bagian luar Stasiun Kereta Cepat Halim. Meskipun demikian, ia menegaskan kondisi tersebut tidak menganggu area pelayanan, khususnya bagian dalam Stasiun Kereta Cepat Halim.

Menurut Eva, pada Ahad (5/11/2023), kondisi cuaca cerah dan pelayanan di Stasiun Kereta Cepat Halim juga berlangsung normal. Ia juga mengatakan, Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat kemarin. “Diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat,” ucap Eva.

Eva mengatakan, KCIC bersama kontraktor, yaitu Wika Konstruksi, juga akan menyisir dan mengidentifikasi titik-titik lainnya di seluruh stasiun untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali.

“KCIC bersama Wika telah melakukan komunikasi dan kordinasi serta bergerak cepat agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang optimal.” kata Eva.

Atas kejadian ini, KCIC memohon maaf jika ada ketidaknyamanan yang terjadi karena hujan lebat di sekitar area Stasiun Halim.

Sebelumnya diberitakan, video pendek yang memperlihatkan talang Stasiun Halim yang bocor ramai diperbincangkan di media sosial. Tampak dalam video itu, air luber ke lantai di area stasiun. Kejadian ini terjadi pada Sabtu, 4 November 2023. Menurut keterangan di video tersebut, kebocoran ini karena hujan deras sejak sore hingga malam di wilayah Jabodetabek.

Di akun media sosial X, video ini dibagikan oleh akun @txtdrjkt pada Ahad. “Belum genap satu tahun kereta cepat Halim sudah bocor,” bunyi keterangan dalam video itu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *