Fadli Zon Akui Kekuatan DPR Menurun

Anggota Fraksi Gerindra DPR RI, Fadli Zon.

Jakarta (Riaunewa.com) – Anggota DPR RI Fadli Zon memberi pandangannya terhadap masalah yang tengah terjadi di Indonesia. Menurut Fadli, yang tengah berada di Turki sejak beberapa waktu lalu ini, dia menjadi bisa lihat secara utuh soal masalah yang terjadi pada negeri ini.

Seperti apa pandangannya? Berikut disampaikan Fadli Zon saat menjadi salah satu narasumber talkshow Hersubeno Arief, dikutip Hops.id, Senin 13 Desember 2021.

Menurut Fadli Zon, saat ini Indonesia memiliki kelemahan dalam hal sikap dan arah. Sebab, dia membaca Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai arus.

“Saya melihat secara utuh dari jauh, bahwa kita mungkin tidak menjadi pemain yang bisa menentukan arah global. Kita malah ditentukan arus global baik ke kiri dan ke kanan. Indonesia juga tak fokus jadi pemain regional,” kata Fadli yang kini berada di Turki.

Fadli Zon sendiri saat ini tengah berada di Turki guna menghadiri Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC), atau parlemen negara-negara OKI (Organisasi Konferensi Islam).

Lebih jauh Fadli Zon mengungka, jika melihat pertarungan kekuatan yang cukup dominan di dunia, Indonesia justru dianggap malah lebih banyak berkutat pada persoalan domestik. Semakin diperparah dengan keadaan dalam negeri di mana kualitas demokrasi RI kian semakin merosot tajam dari waktu ke waktu.

“Kita pernah di 65, lalu turun 85, lalu kemudian 102. Nah nanti kita lihat lagi di Januari 2022, pengumumannya seperti apa,” katanya.

Menurutnya, hak-hak dasar berdemokrasi, berpendapat, berkumpul, serta menyatakan pendapat, atau bahkan kebebasan pers, belakangan juga dinilai kian merosot. Begitu juga halnya dengan kegiatan unjuk rasa sekarang ini yang semakin dibatasi.

Di lain sisi, pengawasan DPR makin turun. Ini lantaran kekuasaan semua menumpuk di eksekutif, seperti yang terjadi di masa lalu. Di mana, lembaga legislatif tidak mempunyai kekuatan untuk bisa mengimbangi eksekutif.

“Pengawasan juga makin menurun, DPR sendiri, karena ikut proses di dalam politik kita itu, maka kekuasaan menumpuk di eksekutif, seperi di masa lalu lagi. Di mana lembaga legislatif tidak mempunyai kekuatan yang bisa mengimbangi eksekutif. Dan ini yang nmenurut saya sedang terjaditerjadi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Next Post

Menurut Fadli Zon Pers Kini Tak Lagi Tajam, Buzzer Malah Merajalela

Sen Des 13 , 2021
282 Jakarta (Riaunews.com) – Anggota DPR RI yang terkenal kritis, Fadli Zon, menganggap saat ini Pers tak lagi berfungsi dengan […]
Fadli Zon
%d blogger menyukai ini: