Senin, 8 Agustus 2022

Gemerlap Holywings Redup Usai Rentetan Outlet Ditutup Gegara Promo Miras

Holywings Surabaya dituntut tutup oleh sejumlah elemen masyarakat. (Foto: Radar Surabaya)

Jakarta (Riaunews.com) – Gemerlap di Holywings seakan redup imbas kasus promo minuman beralkohol gratis untuk warga bernama ‘Muhammad’ dan ‘Maria’ dari Holywings di Jakarta. Hal ini dikarenakan rentetan penutupan outlet Holywings di berbagai daerah.

Dilansir Detikcom, diketahui awalnya promo minuman beralkohol yang dilakukan Holywings menimbulkan protes dari berbagai pihak. Hal ini membuat izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta dicabut.

“Pertama, hasil penelitian dan pemeriksaan dokumen perizinan Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) serta pemantauan lapangan, beberapa outlet Holywings Group yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta terbukti ditemukan beberapa outlet Holywings belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha bar yang telah terverifikasi,” tulis Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata dalam keterangan tertulis, dikutip dari situs PPID Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Ke-12 gerai Holywings di Jakarta yang dicabut izin operasionalnya yaitu:

  1. Holywings yang berada di Kelurahan Tanjung Duren Utara,
  2. Holywings Kalideres,
  3. Holywings di Kelapa Gading Barat,
  4. Tiger,
  5. Dragon,
  6. Holywings PIK,
  7. Holywings Reserve Senayan,
  8. Holywings Epicentrum,
  9. Holywings Mega Kuningan,
  10. Garison,
  11. Holywings Gunawarman, dan
  12. Vandetta Gatsu.

Selain Jakarta, beberapa daerah lain juga ikut menutup outlet Holywings. Berikut beberapa daerah tersebut:

3 Outlet Holywings di Tangerang Disegel
emerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyegel tiga gerai Holywings yang ada di wilayahnya. Tiga outlet tersebut terletak di tiga lokasi berbeda, yaitu Holywings Lippo Karawaci, Holywings Gading Serpong, dan Holywings Q-Big BSD.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan akan menutup semua gerai Holywings di wilayahnya. Hal ini dilakukan berdasarkan dua pertimbangan, yakni terkait izin usaha dan mengganggu ketertiban umum.

“Kami Pemkab Tangerang akan menutup seluruh gerai Holywings yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Terkait bukan saja masalah perizinan, tapi juga Perda Nomor 20 Tahun 2004 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum,” kata Zaki kepada wartawan di Pendopo Bupati Tangerang, Rabu (29/6/2022).

Holywings Jogja di Tutup
Operasi Holywings Jogja yang berada di Jalan Magelang, Mlati, Sleman, akhirnya ditutup.

“Siang ini kami dari Satpol PP Sleman dan OPD terkait di lokasi Holywings kami melakukan penutupan untuk usaha Holywings ini,” kata Kasatpol PP Sleman Shavitri Nurmala Dewi di sela-sela proses penutupan tempat usaha, seperti dilansir dari detikJateng, Rabu (29/6/2022).

Ia mengatakan penghentian kegiatan operasional ini dilakukan setelah Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo merespons aduan masyarakat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sleman Retno Susiati menambahkan izin Holywings diproses melalui aplikasi OSS. Pihaknya pun kemudian mengusulkan ke pemerintah pusat untuk meninjau ulang izin tersebut.

 

Holywings Semarang Ditutup Manajemen Sendiri
Sementara itu, Holywings Semarang ditutup oleh manajemennya sendiri pada Senin (27/6).

Pantauan detikJateng di outlet Holywings Club 7, Jalan Cendrawasih, kawasan Kota Lama, Semarang, Rabu (29/6/2022), tidak terlihat lagi adanya aktivitas layaknya tempat hiburan di sana. Logo Holywings juga sudah tidak ada lagi pada tempatnya.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, menjelaskan bila penutupan Holywings merupakan inisiatif manajemen. Hal itu dampak dari hebohnya promo miras menggunakan nama ‘Muhammad-Maria’ di Jakarta.

“Kami Satpol PP tidak melakukan penutupan di Holywings Semarang. Itu inisiatif mereka karena terkait dampak yang terjadi di Jakarta,” kata Fajar saat dimintai konfirmasi.

Outlet Holywings di Makassar Ditutup Sementara
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menutup outlet Holywings di Jalan Metro Tanjung Bunga. Danny mengatakan penutupan ini bersifat sementara buntut kasus promo minuman beralkohol gratis.

“Tutup, sudah tutup sejak Sabtu (25/6) kemarin,” ujar Danny seperti dikutip dari detikSulsel, Rabu (29/6/2022).

Danny mengatakan penutupan ini dilakukan karena outlet Holywings di Makassar bisa terdampak promo miras Holywings yang kontroversial di Jakarta. Namun dia menegaskan penutupan ini hanya bersifat sementara.

“Demi keamanan, saya tutup karena ini kan resistensinya tinggi,” tutur Danny.

Holywings Bekasi Ditutup Sementara
Pemkot Bekasi juga melakukan sidak terhadap outlet Holywings Forest di kawasan Summarecon, Bekasi. Hasilnya kegiatan di Holywings Forest dihentikan sementara.

“Hari ini kami hentikan kegiatannya,” ujar Kasatpol PP Abi Hurairah kepada detikcom, Rabu (29/6/2022).

Abi menjelaskan ada dua peraturan yang dilanggar Holywings Forest, yakni:
1) Peraturan Daerah Kota Bekasi No 15 Tahun 2020 tentang Adaptasi Tatanan Hidup Baru
2) Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 52.A tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

2 Outlet Holywings Bandung akan Ditutup Permanen
Wali Kota Bandung Yana Mulyana kembali memberikan penjelasan soal nasib dua outlet Holywings yang ditutup. Yana mengatakan kedua outlet bisnis berkonsep beer house itu mungkin akan tutup permanen.

“Holywings kelihatannya akan tutup permanen, karena dia sudah turunkan plangnya,” kata Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jl Wastukencana, seperti dilansir dari detikJabar, Rabu (29/6/2022).

Namun Pemkot belum membahas lebih lanjut mengenai perizinan usaha Holywings. “Itu kita tidak tahu pasti ya, tapi kalau saya lihat itu bisa tutup permanen. Karena plangnya juga sudah tidak ada,” tuturnya.

Yana menyatakan pemkot belum mengambil keputusan lebih lanjut mengenai nasib Holywings terutama mengenai perizinannya. Sebab, saat ini, Yana baru mengapresiasi langkah Holywings yang mau menutup usahanya setelah ramai mendapat kecaman.***

Tinggalkan Balasan