Sabtu, 1 Oktober 2022

Gempa Pasbar Rubuhkan Masjid Besar di Kajai Talamau

Sebuah masjid di Pasaman Barat rubuh usai gempa berkekuatan M 6,2 mengguncang wilayah tersebut pada Jumat (25/2/2022).

Pasbar (Riaunews.com) – Rumah warga hingga fasilitas umum di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat, rusak akibat gempa bermagnitudo 6,2 mengguncang sekitar pukul 8.39 WIB. Salah satu daerah terdampak parah yakni Nagari Kajai, Kecamatan Talamau.

Rumah-rumah warga di sana dilaporkan roboh hingga hancur. Bahkan, salah satu masjid terbesar di sana juga hancur.

“Ini salah satu masjid terbesar di nagari sini,” kata warga setempat Idenvi Susanto (35) dihubungi Langgam.id, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga:

Idenvi mengungkapkan, saat gempa terjadi, aktivitas warga banyak yang hendak pergi ke ladang. Ia mengaku belum mengetahui apakah ada korban jiwa dari bencana ini.

“Warga banyak yang mau berangkat berkebun. Jadi tidak banyak berada di rumah. Tapi untuk ibu-ibu ada juga yang ada di rumah tadi,” jelasnya.

Diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa terjadi sebanyak dua kali. Pertama dengan kekuatan M=5,2 terjadi pada koordinat 0.14 LU, 99,99 BT. Gempa terjadi di daratan dekat Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat dengan kedalaman 18 kilometer.

Sementara, gempa kedua dengan kekuatan M=6,2, terjadi pada koordinat 0.15 LU, 99,98 BT pada kedalaman 10 kilometer. Melihat peta yang dirilis BMKG, gempa ini berada di sekitar wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Data BMKG menyebutkan, gempa berpusat 18 km di timur laut Pasaman Barat dan 20 km di barat laut Kabupaten Pasaman. Selain di sejumlah daerah di Sumbar, guncangan gempa juga terasa hingga ke Provinsi Jambi dan Riau.

Tinggalkan Balasan