Rabu, 17 Agustus 2022

Jokowi Gandeng Tangan Megawati yang Berjalan dengan Tongkat di Istana

Presiden Joko Widodo menggandeng tangan Megawati Soekarnoputri yang berjalan dengan tongkat di Istana. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta (Riaunews.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelum pelantikan Zulkifli Hasan, Hadi Tjahjanto, dan tiga wakil menteri di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Momen itu bermula saat Jokowi mengajak para ketua umum partai politik pengusung pemerintah berjalan menuju lokasi pelantikan di Istana Negara. Mereka bertolak dari Presidential Lounge.

Saat berjalan Jokowi diapit oleh Megawati dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Sementara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berada di sisi kanan dan kiri mereka bertiga.

Megawati tampak menggunakan tongkat berwarna cokelat selama perjalanan itu. Mereka berjalan sambil berbincang.

Tongkat Megawati ini sempat mendapat perhatian dari Prabowo dan Muhaimin. Mereka berdua pun memegang tongkat itu.

Setelah berjalan bersama, Jokowi dan para ketua umum masuk Istana Negara untuk pelantikan menteri dan wakil menteri.

Jokowi pun meraih tangan Megawati sesaat sebelum naik tangga. Ia menuntun Presiden ke-5 RI itu hingga masuk istana.

Mereka pun mengikuti acara pelantikan hingga selesai. Megawati, Prabowo, Airlangga, Suharso, Surya Paloh menyaksikan Zulhas, Hadi Tjahjanto, dan tiga wakil menteri dilantik.

Setelah selesai, Jokowi lantas mengantar Megawati keluar istana. Ia baru menghampiri awak media massa setelah mengantar Megawati.

Sebelum melantik menteri dan wakil menteri, Jokowi sempat menjamu para ketua umum partai koalisi di Presidential Lounge. Mereka makan siang bersama sembari berbincang sebelum pelantikan.

Beberapa waktu lalu, Jokowi dan Megawati diterpa isu keretakan. Isu berembus usai Jokowi memberi sinyal dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Setelah itu, Megawati beberapa kali absen dalam acara yang dihadiri Jokowi. Beberapa di antaranya adalah pernikahan adik Jokowi di Solo dan peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende.***

Tinggalkan Balasan