Maruf Amin: Tanpa Ulama Alim, Hanya Ada Pemimpin Bodoh

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Bandar Lampung (Riaunews.com) – Pesantren memiliki fungsi yang penting untuk melahirkan orang-orang yang paham agama. Lantaran tanpa adanya ulama yang alim, maka akan berbahaya.

Begitu pesan yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin ketika memberikan pidato dalam Peresmian Bank Wakaf Mikro yang digelar di Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqien, di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada Kamis (23/12/2021).

“Kalau saya sebut, pesantren ini tempat menyiapkan orang-orang yang paham agama. Karena para ulama yang bawa ilmu itu lama-lama akan hilang dimakan usia, kemudian harus ada gantinya,” ujarnya.

Dalam pesannya, ia menekankan, tanpa adanya pengganti ulama yang alim, maka akan berbahaya.

“Kalau sampai tidak tersisa orang alim, orang akan mengambil pemimpin yang bodoh-bodoh, yang tidak paham jadi pemimpin. Jadi kalau ditanya, dia memberi fatwa tanpa ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan,” tuturnya.

Sembari berguyon, ia kemudian mengatakan, pernyataan itu tidak keluar dalam kapasitasnya sebagai wakil presiden, melainkan mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Ini keluar bukan sebagai wakil presiden, ini sebagai majelis ulama,” ucapnya.***

Tinggalkan Balasan

Next Post

Polisi Berencana Periksa Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana Atas Dugaan Ujaran Kebencian

Kam Des 23 , 2021
280 Jakarta (Riaunews.com) – Kasus dugaan ujaran kebencian yang melibatkan Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana hingga kini masih terus […]
%d blogger menyukai ini: