Senin, 25 September 2023

Misteri 2 Pesawat Asing Terparkir Setahun di Bandara Kertajati Terjawab

Pesawat milik perusahaan asing sudah setahun parkir di Bandara Kertajati, Jawa Barat. (Foto: Detik)

Majalengka (Riaunews.com) – Jagat maya dihebohkan dengan kabar ada 2 pesawat asing yang sudah setahun terparkir di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Kementerian Perhubungan memberikan penjelasan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengungkap identitas 2 pesawat asing itu. Keduanya adalah tipe A340-200 dengan registrasi F-HFDD dan F-HLMG merupakan pesawat sipil Perancis. Kedua pesawat telah berada di Bandara Kertajati sejak 10 April 2022 hingga 23 Mei 2023.

“Kedua pesawat sipil asing tersebut telah keluar dari wilayah Indonesia pada tanggal 23 Mei 2023 dengan tujuan Amman, Jordania (registrasi TZ-DTA dan TZ-DTC) setelah memperoleh persetujuan Flight Clearance (FC) sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Adita, Sabtu (3/6/2023).

Lalu, apa tujuan pesawat tersebut ke RI? Adita menuturkan, keberadaan kedua pesawat tersebut adalah dalam rangka pemeliharaan (maintenance) oleh GMF Aero Wisata (GMF). Perijinan diajukan oleh PT. Jasa Angkasa Semesta (JAS).

“Pemeliharaan pesawat adalah sepenuhnya merupakan ranah perusahaan dalam hal ini GMF dengan skema ‘business to business’ bersama pihak operator pesawat atau perwakilannya,” terangnya.

Pada tanggal 22 Mei 2023, JAS mengajukan perizinan terbang (flight clearance) untuk kedua pesawat yang selesai maintenance. Akhirnya, izin pun diterbitkan dan kedua pesawat meninggalkan RI.

Bekas Angkatan Udara Prancis
Kabar parkirnya dua pesawat itu diunggah akun Twitter @BabakTaghvaee1. Menurut narasi dari akun @BabakTaghvaee1, dua pesawat asing di Bandara Kertajati tersebut merupakan tipe Airbus A340-212 yang merupakan pesawat bekas dari Angkatan Udara Prancis.

Dilansir detikJabar, Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda membenarkan kabar terkait adanya dua pesawat asing parkir di bandara tersebut. Menurutnya, dua pesawat itu telah terparkir selama 1 tahun di Kertajati.

“Kita menerima surat permohonan terbang dan mendarat dari Ground Handling, parkir di KJT (Bandara Kertajati) sekitar 1 tahun,” kata Nuril saat dikonfirmasi detikJabar melalui telepon WhatsApp, Kamis (1/6/2023).

Pesawat Kargo
Pesawat itu kini sudah beralih fungsi menjadi pesawat kargo. “Itu rencananya buat pesawat kargo,” ujar dia.

Pesawat tipe Airbus A340-212 bekas Angkatan Udara Prancis itu, terparkir selama 1 tahun di Bandara Kertajati karena menunggu proses izin penerbangan kargo.***

Tinggalkan Balasan