Jumat, 29 Maret 2024

Redam Gejolak Harga, Pemerintah Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng dan Telur Ayam

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Operasi pasar murah minyak goreng di Rumah Susun Cilincing, Jakarta Utara, yang didukung oleh Apical Group pada awal Desember 2021. (Foto: Bisnis)

Jakarta (Riaunews.com) – Dalam rangka stabilisasi kenaikan harga minyak goreng, pemerintah menggelar 11 juta liter operasi pasar di seluruh Indonesia. Selama ooperasi pasar berlangsung, minyak goreng dijual Rp 14 ribu per kemasan dari harga yang beredar saat ini.

Operasi pasar tersebut tidak hanya dilakukan di pasar tradisional, tetapi di sejumlah minimarket.

“Ini ada di minimarket dan kami dorong juga untuk di pasar-pasar tradisional,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers Capaian Program Kerja Kemenko Bidang Perekonomian Tahun 2021, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Baca Juga:

Program operasi pasar ini kata Airlangga telah berjalan hingga 35 persen. Salah satunya di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor yang dihadirinya Rabu (30/12) kemarin. Dia menyebut program ini pun diminta untuk dilanjutkan untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

“Ini juga arahan Bapak Presiden untuk terus dilanjutkan,” katanya.

Tak hanya minyak goreng, harga telur ayam juga mengalami kenaikan. Saat ini per kilogramnya dijual Rp 29.000 sampai Rp 32.000. Kenaikan ini kata dia setelah beberapa bulan lalu mengalami harga yang anjlok.

Kenaikan harga telur ini kata Airlangga ada hubungannya dengan pembelian telur oleh Kementerian Sosial untuk kembali dibagikan kepada masyarakat penerima program bantuan dari pemerintah.

“Terima kasih Menteri Sosial yang juga sudah menyerap ayam dan telur untuk bantuan sosial,” kata dia.

Kenaikan harga ini kata dia tidak perlu dikhawatirkan masyarakat. Sebaliknya dia ingin memberikan ruang kepada para peternak yang beberapa waktu lalu merugi karena harga yang anjlok.

“Ini juga memberikan kontribusi kesejahteraan bagi petani dan harga-harga sendiri akan relatif akan terkendali pasca natal tahun baru,” kata dia.

Meski begitu pemerintah juga tetap melakukan operasi pasar. Dalam operasi pasar tersebut, harga telur ayam dijual Rp 25.000 per kilogram.

“Memang terjadi kenaikan namun berdikari juga melakukan operasi pasar dengan telur ayam dengan harga Rp 25 ribu (per kilogram),” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *