Jumat, 1 Juli 2022

Cukur Nepal 7-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Witan Sulaiman sumbang dua gol saat Indonesia membabat Nepal 7-0.

Kuwait (Riaunews.com) – Timnas Indonesia berhasil mengakhiri penantian selama 15 tahun bermain di Piala Asia usai lolos sebagai salah satu runner up terbaik di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kepastian itu didapatkan Timnas Indonesia usai menang telak 7-0 atas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada laga yang berlangsung pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB teesebut, Witan Sulaeman mencetak dua gol dan sisanya dijaringkan oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Kemenangan dengan skor meyakinkan ini membuat Timnas Indonesia memastikan satu tiket lewat jalur runner up terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Witan dan kawan-kawan menempati posisi kedua dan hanya kalah dari Kirgistan yang menempati posisi teratas.

Torehan itu membuat skuad asuhan Shin Tae Yong menjadi tim terakhir atau tim ke-24 yang lolos ke Piala Asia 2023. Keberhasilan itu terasa semakin spesial karena mengakhiri penantian selama 15 tahun.

Timnas Indonesia terakhir kali bermain di Piala Asia tahun 2007 silam. Ketika itu, tim Garuda tampil di putaran final karena menjadi tuan rumah bersama tiga negara dari Asia Tenggara yakni Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Saat itu, Timnas Indonesia diarsiteki oleh pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev. Penampilan yang ditunjukkan Timnas Indonesia bahkan membuat suporter begitu antusias memberikan dukungan.

Timnas Indonesia mengawali laga fase grup dengan baik karena mampu mengalahkan Bahrain 2-1. Budi Sudarsono dan kawan-kawan juga hanya kalah tipis 0-1 dari Arab Saudi dan Korea Selatan.***

Tinggalkan Balasan