Kamis, 24 Oktober 2024

Ditolak FIFA Bela Malaysia Gegara Statuta, Mats Deijl: Aturan Bodoh

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Mats Deijl tak bisa masuk dalam skuat Timnas Malaysia karena gegara statuta FIFA. (Foto: Getty)

Kuala Lumpur (Riaunews.com) – Pemain Go Ahead Eagles, Mats Deijl, tidak bisa menyembunyikan kekecewaan besar setelah gagal dinaturalisasi Malaysia karena aturan FIFA.

Deijl adalah pemain kelahiran Belanda yang memiliki minat membela timnas Malaysia. Kendati tumbuh besar dan berkarier profesional di Negeri Kincir Angin, sosok 27 tahun itu memiliki buyut yang lahir di Singapura pada abad ke-19. Pada masa tersebut Singapura masih berada di bawah kekuasaan Malaya.

Ambisi Deijl mengenakan seragam Harimau Malaya pun pupus setelah FIFA menyatakan pemain berposisi bek kanan itu tak bisa beralih kewarganegaraan.

Induk organisasi sepak bola dunia itu menyatakan garis keturunan Deijl yang lahir di Singapura terlalu jauh untuk memenuhi syarat naturalisasi.

Agar bisa dinaturalisasi, seorang pemain harus lahir di negara tersebut, atau ibu dan ayah pemain lahir di negara tersebut, atau kakek dan nenek pemain lahir di negara tersebut, atau pemain tersebut tinggal di negara tersebut selama lebih dari lima tahun.

Sementara yang lahir di Singapura adalah buyut Deijl, sehingga tidak ada di dalam aturan FIFA.

Merespons kegagalan membela Malaysia, Deijl pun membeberkan kekesalannya seperti dilansir dari Stadium Astro melalui @frfutturetalents.

“Saya baru saja mendapat telepon, sangat mengecewakan. Semoga pada waktu yang akan datang ada yang bisa membuat saya lolos [mewakili Harimau Malaya] tetapi tidak untuk saat ini,” tulis Deijl dalam sebuah media perpesanan.

“Aturan bodoh,” ketiknya lagi menunjukkan perasaan yang begitu emosional.

Percakapan Deijl dengan admin @frfuturetalents pun dibagikan di media sosial.

Asosiasi Sepak Bola Malaysia sudah berupaya menaturalisasi Deijl sejak beberapa bulan lalu setelah sang pemain menuturkan hasrat dinaturalisasi. FAM pun melakukan pembicaraan dengan klub, agen, dan Deijl.

FAM juga lantas mengirimkan surat kepada FIFA untuk meminta pendapat FIFA mengenai status pemain tersebut, namun kemudian organisasi yang dipimpin Gianni Infantino itu kemudian menyatakan Deijl tak bisa beralih kewarganegaraan.***

 

Sumber: CNN Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *