Kamis, 18 April 2024

Donnarumma, Pahlawan Italia Sekaligus Pemain Terbaik Euro 2020

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Kiper Italia di Final Euro 2020, Gianluigi Donnarumma.

London (Riaunews.com) – Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020 (Euro 2021) usai jadi pahlawan Italia saat mengalahkan Inggris pada laga final di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Donnarumma jadi bintang kemenangan Italia atas Inggris dalam drama adu penalti. Kiper Paris Saint-Germain itu mengagalkan dua tendangan penalti Inggris dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Donnarumma tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi dua penendang pertama Inggris. Harry Kane dan Harry Maguire bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, peruntungan Donnarumma berubah setelah eksekusi Marcus Rashford yang sudah mengecoh dirinya justru membentur tiang gawang. Setelah itu, kiper berusia 22 itu mampu membaca dengan telak dua tendangan penalti Inggris.

Donnaruma mengagalkan tendangan Jadon Sancho dan Bukayo Saka yang mengarah ke sisi kanan gawang. Keberhasilannya mengagalkan penalti Saka juga membuat Italia berhasil keluar sebagai juara Euro 2020.

Kegemilangan Donnarumma di bawah mistar membuat Italia menang 3-2 atas Inggris. Tiga penendang penalti Italia yakni Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi bisa menjalankan tugas dengan sempurna.

Sedangkan Andrea Belotti dan Jorginho gagal menjadi eksekutor tendangan 12 pas. Namun, kegagalan itu dibayar dengan penampilan yang begitu memikat dari Donnarumma dalam drama dari titik 12 pas.

Performa apik yang ditunjukkan Donnarumma saat melawan Inggris ibarat ulangan partai semifinal melawan Spanyol yang juga diakhiri lewat adu penalti. Ketika itu, Donnarumma mampu membendung tendangan penalti Alvaro Morata untuk melapangkan jalan Italia ke final Euro 2020.***

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *